TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Mencegah Munculnya Perasaan Terabaikan untuk Pasangan LDR

Komunikasi efektif dan berkualitas bikin hubungan langgeng

ilustrasi berbicara via telepon (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menjalani Long Distance Relationship alias LDR memang bukan perkara mudah. Pasalnya, pertemuan langsung yang jarang sekali terjadi kerap berpotensi menimbulkan kesalahpahaman.

Salah satu kejadian buruk yang sering dialami adalah adanya perasaan terabaikan. Padahal, bisa jadi sebenarnya pasangan tidak bermaksud melakukan perbuatan tersebut.

Perasaan seolah diabaikan ini dapat menimbulkan dampak negatif yang besar. Pasangan akan merasa dirinya tidak lagi dibutuhkan dan semakin kehilangan kepercayaan pada orang terkasih.

Kalau tidak segera mencari jalan untuk memperbaiki situasi, bukan tidak mungkin bahwa hubungan akan berakhir. Lantas, bagaimana cara mencegah munculnya perasaan tersebut? Pasangan yang sedang jalani LDR wajib baca artikel ini, ya!

1. Sering-seringlah berkabar via telepon atau panggilan video

ilustrasi seorang pria yang sedang melakukan panggilan video (pexels.com/iam hogir)

Tidak dapat dimungkiri bahwa upaya untuk menjaga hubungan tetap aman meski terpisah jarak memang harus dilakukan lebih keras. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah sering berkabar dengan orang terkasih.

Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu lebih baik memilih untuk kerap melakukan panggilan telepon atau panggilan video dari pada chat karena ketikan terkadang tidak dapat mengekspresikan perasaan secara maksimal, terutama saat kamu sedang lelah dan malas untuk mengetik banyak kata. Akibatnya, terjadi perselisihan hanya karena salah paham.

Ketika komunikasi banyak terjalin via panggilan telepon atau panggilan video, kamu akan lebih mudah mengungkapkan perasaan yang sedang dialami. Pasangan di seberang sana pun akan semakin memahami situasi yang terjadi karena dia bisa dengan mudah membedakan suara dan atau ekspresi wajahmu saat senang, sedih, atau biasa saja. Hasilnya, hubungan akan berjalan lebih lancar.

2. Rajin berbagi cerita kepada pasangan

ilustrasi seseorang yang membuat simbol hati saat melakukan panggilan video (pexels.com/Artem Podrez)

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang ragu bila harus menjalani LDR adalah kekhawatiran akan merasa kesepian karena mungkin pasangan lebih memilih berbagi cerita dengan orang-orang yang ditemuinya secara langsung. Perasaan semacam ini sangat normal dan memang tidak bisa diremehkan. Lantas, bagaimana cara menghindari terjadinya hal semacam itu?

Jika saat ini kamu sedang melakoni LDR, maka berusahalah untuk rajin berbagi cerita kepada pasangan tanpa harus diminta terlebih dahulu. Tidak peduli membicarakan hal remeh hingga membahas topik berat, jadikan orang terkasih sebagai rekan diskusi nomor satu. Tindakan ini dapat membuat hubungan semakin dekat, sehingga kekasihmu tidak akan pernah merasa terabaikan.

Baca Juga: 3 Seni Memahami Kekasih saat Jalani LDR

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya