TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Penyebab Hubungan Romantis Gagal Dipertahankan, Minim Perjuangan

Kalau gak ada effort, bagaimana mungkin bisa terus terjaga?

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Alena Darmel)

Berhasil membangun sebuah hubungan romantis dengan orang yang benar-benar disayangi merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Banyak orang mengira bahwa ini merupakan akhir yang menyenangkan karena bisa memenangkan hati seseorang yang diharapkan. Namun, pada kenyataannya, tantangan yang lebih berat baru saja dimulai, yaitu bagaimana caranya agar jalinan asmara bisa terus dirawat, sehingga mampu bertahan sampai nanti.

Sayangnya, banyak orang mengalami kegagalan dalam mempertahankan hubungan romantisnya. Mereka tidak mampu mengatasi “badai” di dalam perjalanan, sehingga terpaksa harus rela berpisah dengan orang yang disayangi. Lantas, mengapa hal seperti ini bisa terjadi? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini, yuk!

Baca Juga: 3 Faktor Pendukung agar Hubungan Romantis Terasa Harmonis

1. Tidak ada rasa saling menghormati

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Yan Krukov)

Cinta memang menjadi faktor penting yang bisa menyatukan dua orang untuk membangun sebuah hubungan asmara. Namun, sejatinya, bermodalkan cinta saja tidak akan pernah cukup. Rasa saling menghormati juga harus ada agar masing-masing pihak merasa keberadaannya bernilai.

Tanpa adanya rasa hormat, salah satu atau kedua belah pihak akan merasa bahwa dirinya tidak diinginkan. Akibatnya, timbul berbagai pikiran dan perasaan negatif yang membuat hubungan penuh dengan masalah. Jika sudah semakin parah, maka tidak heran bila perpisahan menjadi pilihan yang bakal dipertimbangkan.

Oleh sebab itu, penting untuk menaruh rasa hormat kepada pasangan. Hargai prinsipnya, waktunya, dan juga apa pun yang telah dia berikan. Dengan begini, hubungan bisa berjalan dengan lebih lancar dan kedamaian hati pun akan tercipta.

2. Komunikasi yang buruk

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Sudah banyak dikatakan bahwa komunikasi menjadi hal penting dalam hubungan jenis apa pun, tidak terkecuali hubungan romantis. Tentu saja ini bukan sekadar isapan jempol belaka. Kualitas komunikasi yang buruk menyebabkan pasangan sering mengalami kesalahpahaman yang bisa berujung pada pertengkaran hebat dan sakit hati. Kalau sudah begini, hubungan biasanya akan lebih mudah untuk berakhir.

Oleh sebab itu, berusaha untuk memperbaiki jalinan komunikasi adalah tindakan yang seharusnya dilakukan. Miliki pengendalian diri yang baik agar mampu duduk tenang dan membicarakan permasalahan yang sedang terjadi di antara kedua belah pihak. Melalui upaya semacam ini, setiap pasangan akan mempunyai kesempatan yang besar untuk menemukan solusi terbaik, sehingga hubungan romantis bisa tetap dipertahankan.

Baca Juga: 5 Tanda Love Bombing dalam Hubungan, Romantis tapi Bikin Risi

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya