TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Menunjukkan Kehadiran secara Emosional pada Pasangan

Ciptakan waktu berkualitas yang bantu rawat jalinan asmara

ilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Kehadiran pasangan di sisi memang menjadi salah satu hal yang selalu berhasil menciptakan kebahagiaan. Rasanya senang sekali bisa menghabiskan banyak waktu bersama orang tersayang karena diharapkan aktivitas seperti ini dapat membuat jalinan asmara yang telah berhasil dibangun menjadi semakin erat. Namun, terkadang perasaan kosong tetap ada meski pertemuan dengan kekasih hati berlangsung cukup lama.

Ternyata, kehampaan itu bisa muncul tatkala pasangan hanya hadir secara fisik dan melupakan kehadiran secara emosional. Kalau sudah begini, tidak peduli sebanyak apa pun waktu yang dilewati bersama, rasanya akan selalu gagal menciptakan momen berkualitas.

Nah, supaya kejadian seperti ini tidak menimpa pasanganmu, pastikan untuk menunjukkan kehadiranmu secara emosional setiap kali bertemu dengannya. Ikuti beberapa tips berikut ini agar berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Singkirkan segala hal yang berpotensi menjadi distraksi untuk sementara waktu

ilustrasi pasangan (pexels.com/Edmond Dantès)

Pertemuan dengan pasangan seharusnya selalu menjadi momen yang berkesan, terlebih bila jarang terjadi karena harus menjalani hubungan jarak jauh. Namun, terkadang kamu malah merusak acara istimewa tersebut karena malah sibuk dengan urusan lain alih-alih memberikan perhatian pada orang yang ada di depanmu. Akibatnya, kekasihmu merasa bahwa dirinya tidak diapresiasi secara pantas.

Oleh karena itu, pastikan untuk menyingkirkan segala hal yang berpotensi menimbulkan distraksi saat hendak bertemu dengan orang terkasih. Sebagai contoh, kamu bisa mengaktifkan mode senyap atau mematikan gawai untuk sementara waktu agar tidak ada orang yang bisa menghubungimu. Dengan begini, kamu dapat fokus hadir untuk pasangan, sehingga membuatnya merasa dihargai.

Baca Juga: 5 Manfaat Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Dengarkan dengan saksama saat pasangan berusaha bercerita dan beri respons yang sesuai

ilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika kamu tidak memberikan kehadiran emosional, pasangan akan dengan mudah mengetahuinya karena memang tanda-tandanya cukup jelas. Kamu tampak tidak fokus, lebih sering menatap sesuatu yang lain dari pada memandang kekasihmu, atau pun tidak memberikan respons yang tepat saat menanggapi cerita yang disampaikan. Kalau sudah begini, pasangan akan merasa tidak bahagia meski kamu telah meluangkan banyak waktu untuknya.

Supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi, maka berikan kehadiran yang penuh, baik secara fisik mau pun emosional. Dengarkan dengan saksama apa saja yang coba pasangan sampaikan kepadamu. Selain itu, berikan respons yang sesuai sebagai tanda kamu benar-benar telah mendengarkannya. Hasilnya, orang tercinta tidak lagi merasa kesepian, sehingga kembali meraih keceriaan.

3. Tunjukkan gestur yang membuat pasangan merasa diperhatikan

ilustrasi menenangkan seseorang yang sedang bersedih (pexels.com/SHVETS Production)

Tidak hanya sebagai momen melepas rindu, pertemuan dengan kekasih hati juga menjadi saat yang tepat untuk berbagi keresahan. Sesekali tentu kamu pernah mendengarkan pasangan mengungkapkan beban yang ditanggungnya agar hati menjadi lebih lega. Bayangkan bila di momen krusial seperti ini dia tidak merasakan adanya kehadiranmu secara emosional. Jelas bisa menambah kesedihan, kan?

Oleh sebab itu, pastikan kekasihmu tahu bahwa kamu ada dan memberikan perhatian dengan setulus hati. Tunjukkan kehadiranmu melalui gestur-gestur tertentu yang menggambarkan empati, seperti menggenggam tangan atau mengusap punggungnya untuk berbagi energi positif. Hal-hal yang meski tampak sederhana seperti ini justru punya arti besar dan membuat pasangan mengerti bahwa dia memilikimu sebagai salah satu support system terbaiknya.

Kehadiran secara fisik memang penting, tetapi kehadiran secara emosional juga tidak bisa dilupakan. Hanya bila keduanya ada, waktu yang berkualitas akan tercipta. Dengan begini, hubunganmu dan pasangan akan semakin erat dan bahagia.

Baca Juga: 5 Alasan Kecerdasan Emosional Penting untuk Karier

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya