TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cemburu dengan Teman Pacarmu? Begini 3 Cara Mengatasinya

Sebaiknya sepakati batasan dalam menjalin pertemanan

ilustrasi teman sedang berkumpul (unsplash.com/Helena Lopes)

Intinya Sih...

  • Cemburu adalah perasaan normal yang bisa diatasi dengan tips mudah.
  • Renungkan perasaan cemburumu dan kenali penyebabnya sebelum berkomunikasi dengan pasangan.
  • Komunikasikan perasaanmu pada saat yang tepat, lalu sepakati batasan pertemanan dengan pasangan.

Cemburu merupakan perasaan normal yang bisa dirasakan siapa saja. Beberapa orang mungkin merasa cemburu kepada orang lain yang naksir pasangannya, ada juga yang merasa cemburu kepada teman lawan jenis pasangannya. Gak bisa dipungkiri, hal tersebut cukup mengganggu dan bisa menimbulkan perasaan gak tenang.

Biar rasa cemburu terhadap teman pasanganmu gak berdampak buruk pada hubungan yang sedang dijalani, di bawah ini ada beberapa tips mudah untuk mengatasinya. Yuk, simak sampai habis!

1. Renungkan perasaanmu terlebih dahulu

ilustrasi perempuan memikirkan sesuatu (pexels.com/Ron Lach)

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merenungkan terlebih dahulu perasaanmu. Lauren Pietra, terapis pernikahan dan keluarga, dikutip Verywell Mind, menyebut cemburu adalah emosi normal manusia. Terkadang hal ini muncul karena perasaan iri karena orang lain bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. 

Kenali penyebab rasa cemburu tersebut. Apakah ini karena pasanganmu lebih banyak menghabiskan waktu dengan temannya atau karena kamu merasa gak percaya diri dan kerap membandingkan diri dengan orang lain?. Kenali pula dari mana kekhawatiran tersebut berasal.

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Perasaan Pasangan yang Mudah Cemburu, Bikin Nyaman

2. Komunikasikan dengan pasangan

ilustrasi pasangan mengungkapkan sesuatu (pexels.com/Alena Darmel)

Selanjutnya, jika kamu sudah tau pemicu dari perasaan cemburu tersebut, komunikasikan dengan pasanganmu. Jadwalkan waktu berkualitas di mana kalian berdua sedang dalam mood yang baik untuk membicarakan hal-hal serius. 

Dilansir Huffpost, terapis Bronwyn Singleton, menyarankan untuk melakukan percakapan yang disengaja. Hindari membicarakan tentang rasa cemburumu ini pada saat kalian kerja, sekolah, kuliah, atau waktu-waktu semacamnya. Sebab, hal tersebut bisa memicu masalah yang lebih besar dan kalian mungkin akan lebih mudah tersulut emosi.

"Agar bisa berjalan dengan baik, percakapan ini harus pada saat di mana kalian bisa berpikir jernih dan lebih tenang, bukan pada situasi di mana kalian rentan dan spontan," tambahnya.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya