TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Negatif Punya Pasangan Terlalu Bucin, Banyak Drama!

Ternyata, terlalu cinta juga gak baik, lho

ilustrasi pasangan (pexels.com/rodnae-prod)

Istilah bucin atau budak cinta makin sering ditemui pada hubungan masa kini. Banyak orang merasa senang jika memiliki pasangan yang bucin, karena merasa sangat dicintai. Padahal, bucin gak selamanya baik, karena bisa juga mendatangkan hal negatif.

Pasangan yang bucin memang akan terlihat sangat bergantung dan membutuhkanmu. Namun, ada hal buruk yang mengintai dari sikap yang terlalu berlebihan tersebut. Berikut ini lima dampak negatif yang akan muncul dari sikap pasangan yang terlalu bucin. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Masih Head Over Heels pada Kamu, Bucin Abis! 

1. Pasangan menjadi terlalu posesif

ilustrasi pasangan (unsplash.com/almosbech)

Terlalu mencintai pasangan terkadang bisa menimbulkan sikap negatif berupa posesif. Hal ini menjadikan seseorang sulit untuk mendapatkan kebebasan dari pasangannya. Hubungan akan selalu penuh dengan rasa insecure.

Pasanganmu akan selalu berusaha untuk mengontrol kamu dan segala aktivitasmu. Ia akan berusaha untuk mengetahui semua hal tentangmu, mulai dari aktivitas harian hingga hal lain yang kamu lakukan. Terkadang, untuk melakukan banyak hal, kamu harus membutuhkan persetujuannya.

2. Selalu sangat bergantung atau tak mandiri

ilustrasi pasangan (pexels.com/marina-gr-109305987)

Pasangan yang terlalu bucin juga berpotensi selalu menyusahkanmu. Ia akan memintamu melakukan banyak hal, mulai dari membantunya hingga hal-hal yang sebenarnya bisa ia lakukan sendiri. Secara gak langsung ia menjadi sangat tidak mandiri.

Dalam pikirannya, ini adalah hal romantis, karena selalu ingin berada di dekat pasangan. Melakukan banyak hal bersama karena ia mencintai dengan sangat berlebihan. Selalu bergantung padamu karena merasa hanya kamu yang bisa diandalkan.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Merasa Berjuang Sendirian dalam Hubungan, Terlalu Bucin?

3. Membuatmu merasa terkekang

ilustrasi pasangan (pexels.com/gabby-k)

Punya pasangan bucin malah bikin kamu merasa gak punya kebebasan. Seakan semua hal harus diketahui olehnya dan atas persetujuannya. Kamu gak pernah bisa punya keputusan sendiri.

Bahkan, ketika kamu merasa sedang butuh waktu sendiri, ia tak bisa memberikannya. Selalu ingin nempel terus dengan pasangan malah bikin kamu merasa terkekang. Baginya, semua hal harus dilakukan berdua, ia harus selalu ada di setiap waktumu.

4. Terkadang membuatmu risih dan tak nyaman

ilustrasi pasangan (pexels.com/ron-lach)

Diikuti terus oleh pasangan tentu bikin risih dan gak nyaman. Bagaimana tidak? Terkadang waktu yang kamu butuhkan untuk sendiri dan bersama teman malah diikuti olehnya. Bukannya tak mau, tapi terkadang setiap orang butuh me time dan waktu bareng teman.

Namun sayangnya, hal ini akan sulit kamu dapatkan jika pasanganmu terlalu bucin. Kamu rentan mengalami kebosanan, karena yang bersamamu adalah pasangan di setiap waktu. Bukan berarti tidak cinta, dalam hubungan juga terkadang butuh variasi dan penyegaran.

Baca Juga: 5 Risiko Terlalu Bucin ke Pasangan, Gak Berpikir Rasional!

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya