TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Membahagiakan Pasangan dengan Love Language Quality Time

Fokus pada kualitas, bukan kuantitasnya

ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (pexels.com/Gustavo Fring

Quality time merupakan salah satu dari lima bahasa cinta (love language), sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Gary Chapman. Seseorang yang bahasa cinta dominannya quality time merasa paling dicintai saat menghabiskan waktu dengan pasangan, meski hanya bersama tanpa melakukan apa-apa.

Dalam hubungan, penting untuk memahami bahasa cinta satu sama lain agar bisa mengekspresikan rasa cinta dengan cara yang tepat. Kalau love language pasanganmu adalah quality time, cara-cara berikut akan membuatnya bahagia dan merasa dicintai.

Baca Juga: 5 Tips Memahami Pasangan dengan Love Language Quality Time, Catat!

1. Selalu luangkan waktu bersama

ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (pexels.com/William Fortunato)

Tentu kamu dan pasangan sama-sama memiliki kesibukan. Namun, di penghujung hari, kalian bisa meluangkan waktu untuk saling berbagi cerita. Ini bisa dilakukan dengan berbalas pesan singkat, video call, atau secara langsung jika kalian sudah menikah. Meski hanya satu atau dua jam, tapi ini menjadi waktu bermakna baginya.

Kalau kamu menjalani hubungan LDR, jangan lupa bertemu secara berkala. Misalnya, setiap pekan atau setiap bulan, tergantung jarak dan kemampuan. Kamu bisa berinisiatif membuat rencana date agar terlihat excited untuk bertemu dengannya. Dengan begitu, dia tahu bahwa kamu benar-benar menantikan pertemuan ini.

2. Fokus pada momen yang dihabiskan bersama

ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (pexels.com/Andres Ayrton)

Ketika kamu bersama pasangan, baik saat bertemu langsung atau melalui telepon, pastikan kamu hadir sepenuhnya. Ini berarti kamu benar-benar fokus pada momen yang kalian habiskan bersama dan tak terdistraksi oleh apa pun. Matikan ponsel dan jauhkan gangguan lain yang bisa mengalihkan perhatianmu.

Saat dia bercerita, pastikan kamu mendengarkan dan memvalidasi perasaannya. Bahkan meski kalian sudah menikah dan bertemu hampir sepanjang waktu, ini tetap harus dilakukan. Sebab, ini bentuk kepedulian yang membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai. 

3. Buat eye contact dengannya

ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat berbicara tentang waktu berkualitas, kontak mata adalah kunci untuk mencintai pasangan. Menjaga eye contact memberi tahu pasangan bahwa kamu sepenuhnya hadir dan memperhatikannya. Hal ini akan membuatnya merasa dicintai, dihargai, dan dimengerti. Ini juga menunjukkan bahwa kamu peduli dengan apa yang ia katakan.

Sebaliknya, jika kamu sibuk dengan HP saat ia berbicara, dirinya bisa merasa bahwa kamu gak peduli dengan apa yang ia katakan. Bahkan, ini bukan tak mungkin membuatnya overthinking bahwa kamu gak peduli dengannya.

Baca Juga: 3 Tanda Keberhasilan Menciptakan Quality Time dengan Pasangan

4. Mencoba mengikuti hobinya

ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Kalau kamu dan pasangan memiliki hobi yang sama, maka akan mudah melakukan aktivitas tersebut bersama-sama. Namun, jika hal yang kalian sukai berbeda, kamu bisa mencoba mendukung hobinya. Sebagai contoh, menemaninya menonton pertandingan grup bola jagoannya, bermain game favoritnya, atau membantunya memasak.

Nantinya, kamu bisa mengajak pasangan untuk bergantian melakukan hobimu juga. Cara ini bukan hanya membahagiakan si dia, tapi juga membantu kalian memahami satu sama lain lebih baik melalui hobi masing-masing. Dengan begitu, hubungan kalian bisa lebih erat dan mendalam.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya