TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Tenangkan Cewek yang Menangis, Harus Peka dan Penuh Empati

Baik penyebabnya kamu atau bukan, tetap peduli

ilustrasi menangis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cewek memang lebih sering menangis daripada cowok karena perasaannya juga lebih mudah tersentuh. Air mata ini bukan berarti mereka rapuh, melainkan sangat ekspresif tentang apa yang dirasakan. Sesama cewek tentu mudah memahami hal ini sehingga akan saling menghibur kalau salah satu dari mereka menangis.

Akan tetapi sebagai cowok yang sudah lupa kapan terakhir kali menangis, kamu mungkin bingung cara menghadapinya. Air mata cewek menjadi salah satu hal di dunia ini yang paling membuatmu gugup. Dirimu takut kalau-kalau sedikit saja salah bersikap bakal bikin tangisannya tambah kencang dan gak berhenti-henti.

Barangkali kamu juga merasa tidak tega melihat cewek menangis dan ingin segera membuatnya tersenyum kembali. Namun, ketika cewek begitu larut dalam perasaannya berarti dirimu tak boleh tergesa-gesa bertindak. Belajarlah lebih peka dan berempati atas keadaannya. Buat dia merasa lebih tenang dengan lima tips simpel ini.

1. Jangan banyak omong

ilustrasi menangis (pexels.com/Vitaly Gariev)

Apa pun penyebab cewek di dekatmu menangis, cowok yang banyak omong akan terasa sangat mengganggunya. Setiap perkataanmu bakal terasa seperti hujan interupsi di tengah seseorang sedang menyampaikan pendapatnya. Bahkan bila kamu berusaha menghiburnya, dia lebih merasa dirimu terlalu berisik.

Apalagi kalau ulahmu yang membuatnya sampai menangis. Makin banyak ucapanmu yang membela diri serta menyudutkannya tentu bikin tangisannya tambah keras dan lama. Bahkan permintaan maaf bertubi-tubi pun kurang tepat dilontarkan mengingat kondisinya yang belum tenang. 

Orang yang menangis berarti emosinya sedang mendominasi. Terlalu sulit untuknya menangkap dan memproses berbagai informasi yang masuk berupa ucapan-ucapanmu. Kalau kamu memang harus meminta maaf, katakan 1 atau 2 kali saja tanpa berpanjang lebar. Terpenting pesannya tersampaikan dan ia bisa mendengar nada kesungguhanmu.

2. Gak usah bertanya apakah dia baik-baik saja

ilustrasi menangis (pexels.com/Alena Darmel)

Kamu mungkin tidak tahu apa yang membuat seorang cewek sampai menangis. Dia bisa teman, saudara, atau bahkan orang asing yang kebetulan ada di sekitarmu. Namun, yang pasti dirimu mengerti adalah keadaannya tidak baik-baik saja. Kalau ia baik-baik saja tentu gak menangis di sembarang tempat.

Maka pertanyaan apakah dia baik-baik saja atau tidak kemungkinan besar tidak akan direspons olehnya. Kamu tak perlu memastikan hal tersebut. Air matanya sudah lebih dari cukup sebagai tanda bahwa ia sedang mengalami sesuatu yang buruk. Apabila dirimu melontarkan pertanyaan seperti itu, kamu justru terkesan tak punya empati.

Pertanyaan yang lebih tepat ialah langsung ke penyebabnya saja. Tanyakan secara singkat dia kenapa, tetapi penuh kepedulian dan bersiaplah menjadi pendengar yang baik.

Kamu bisa mengambil posisi duduk di sebelahnya atau berlutut di depannya untuk menciptakan kedekatan fisik dan emosional. Syukur-syukur dia mau langsung menjawabnya. Kalaupun ia masih bungkam, gak usah mendesaknya dulu.

Baca Juga: 5 Aktivitas Menenangkan Bisa Meredakan Stres untuk Introvert

3. Memeluk tanpa nafsu, melainkan kasih sayang dan perlindungan

ilustrasi berpelukan (pexels.com/cottonbro studio)

Jika hubungan kalian dekat sekali dan kamu tahu dia tidak keberatan berpelukan denganmu, lakukan saja. Namun apa pun hubungan kalian, pastikan dirimu tak dipenuhi hawa nafsu padanya. Bahkan bila ia pasanganmu yang sedang sedih karena sesuatu, ini bukan saat yang tepat untukmu mencari kesempatan dalam kesempitan.

Hargai perasaannya dengan memeluknya sebagai ekspresi kasih sayang dan kesiapanmu buat melindunginya. Dia akan merasa aman serta lebih cepat tenang. Mengingat bagaimanapun juga kalian lawan jenis, ada gerakan dan sentuhan yang perlu dihindari agar cewek tidak merasa sedang dimanfaatkan.

Pertama, hindari memeluknya terlalu erat. Kedua, jauhkan tanganmu dari bagian tubuhnya yang sensitif seperti sekitar pantat, samping payudara, dan punggung atas atau di sekitar garis bra. Kamu dapat meletakkan telapak tanganmu di punggung bawahnya dengan agak mengambang.

Ketiga, jangan mengusap-usapnya di bagian tubuh mana pun. Gesekan berulang dapat membuat lawan jenis gak nyaman. Sebagai gantinya, dirimu bisa menepuk-nepuk bahu belakang atau lengannya untuk menenangkannya. Kamu juga bisa menambahkan kalimat, "Tenang, ada aku di sini," untuk mempertegas maksudmu melindunginya.

4. Tapi jangan memaksa jika dia menolak

ilustrasi menangis (pexels.com/Mikhail Nilov)

Seperti disebutkan di poin sebelumnya, kamu hanya boleh memeluk cewek yang sangat diyakini tidak keberatan untuk didekap olehmu. Akan tetapi, ingat bahwa pasanganmu pun belum tentu bersedia dipeluk olehmu kala ia menangis. Penolakan biasanya terjadi apabila kamu yang membuatnya terluka.

Dia lagi gak mau dekat-dekat sama kamu apalagi sampai bersentuhan fisik dan dipeluk. Jika dirimu memaksa, ia malah berontak dengan keras. Perasaannya makin buruk dan tentu saja dapat menarik perhatian orang-orang di sekitar kalian hingga memicu kesalahpahaman. Begitu dia menepis tanganmu yang hendak menyentuh atau merangkulnya, ini sudah lampu merah.

Kamu jangan melanjutkannya dengan upaya memeluk meski dimaksudkan buat menenangkan emosinya. Dia malah lebih tenang jika dirimu menjaga jarak darinya. Hargai keinginannya dan kamu cukup duduk atau berdiri di jarak yang tak membuatnya keberatan.

Akan tetapi, kalau kemudian ia memintamu meninggalkannya, ikuti saja. Apabila kamu mengkhawatirkannya, cukup tinggalkan ruangan tersebut dan memantaunya dari jarak tertentu.

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Penulis fiksi maupun nonfiksi. Lebih suka menjadi pengamat dan pendengar. Semoga apa-apa yang ditulis bisa memberi manfaat untuk pembaca. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya