TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Agar Gak Terlalu Sensitif Mendengar Kritik, Kelola Emosi

Ingat, kamu bukan pusat alam semesta~

ilustrasi memberi kritik ke tuan rumah(pxels.com/ RDNE Stock project)

Intinya Sih...

  • Kritik adalah peluang untuk belajar dan berkembang, bukan serangan pribadi
  • Lapangkan hati agar tidak mudah sakit hati, kritik adalah kesempatan untuk belajar
  • Pisahkan kritik terhadap pekerjaan dengan diri pribadi, tingkatkan rasa percaya diri untuk menerima kritik dengan lebih baik

Setiap orang tidak akan aman dengan yang namanya kritikan. Pasti akan ada saja orang yang mengutarakan kritikan baik itu yang konstruktif maupun menjatuhkan. Keduanya sama-sama hal yang tidak mengenakkan bagi orang yang terlalu sensitif. 

Bagi yang mentalnya masih belum kuat, mendengar kritik bisa sangat sensitif. Berikut adalah empat tips agar tidak terlalu sensitif mendengar kritik:

1. Ubah perspektif terhadap kritik

ilustrasi dua orang (pexels.com/Christina Morillo)

Cobalah melihat kritik sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, bukan sebagai serangan pribadi. Pahami bahwa kritik, terutama yang konstruktif, ditujukan untuk membantumu memperbaiki diri. Dengan mengubah perspektif ini, kamu dapat menerima kritik dengan lebih tenang dan terbuka.

Lapangkan hati agar dirimu tidak mudah sakit hati. Kritikan justru memberimu kesempatan untuk banyak belajar. Orang yang memberimu kritik pasti sangat peduli padamu.

2. Pisahkan kritik dari diri pribadi

ilustrasi berpikir (pexels.com/Timur Weber)

Baca Juga: 5 Alasan Anak Menjauh dari Keluarganya, Terlalu Banyak Kritik

Ingatlah bahwa kritik terhadap pekerjaan atau tindakanmu tidak sama dengan kritik terhadap dirimu sebagai pribadi. Fokuslah pada aspek spesifik yang dikritik dan hindari mengambilnya secara pribadi. Pisahkan antara siapa kamu dan apa yang kamu lakukan, sehingga kamu dapat menilai kritik dengan lebih objektif.

Dengan usaha membedakan sesuai tempatnya akan membuatmu lebih terbuka pada kritik. Sejatinya kritik dapat membuatmu lebih berkembang jika benar menerimanya. 

3. Kembangkan rasa percaya diri yang sehat

ilustrasi percaya diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki rasa percaya diri yang kuat membantumu menerima kritik dengan lebih baik. Ketika kamu yakin dengan kemampuan dan nilai dirimu, kritik tidak akan mudah mengguncangmu. Tingkatkan rasa percaya diri melalui pencapaian kecil, pengembangan keterampilan, dan afirmasi positif.

Dirimu akan mudah mengerti bahwa kritik merupakan hal yang juga kamu butuhkan. Kualitasmu akan semakin membaik jika percaya akan kemampuanmu dan menerima segala saran dan kritik. Maka jangan takut menerima kritikan yang datang.

Verified Writer

Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya