TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Ampuh Mempertahankan Komitmen dalam Hubungan Jarak Jauh

Coba tips ampuh ini untuk tetap dekat meski terpisah jarak!

ilustrasi bersandar di pundak pasangan (unsplash.com/Muhammad Ruqi Yaddin)

Menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang penuh tantangan. Kamu dan pasangan gak hanya harus berjuang melawan rasa rindu, tetapi juga memerlukan usaha ekstra untuk menjaga komunikasi dan kepercayaan.

Bagi banyak pasangan, menjaga komitmen dalam LDR bisa jadi ujian tersendiri. Namun, bukan berarti hal ini mustahil dilakukan. Dengan tips yang tepat, kamu dan pasangan bisa tetap solid meski terpisah jarak. Berikut adalah lima tips ampuh yang bisa kamu terapkan untuk mempertahankan komitmen dalam hubungan jarak jauh.

1. Komunikasi yang teratur dan berkualitas

ilustrasi LDR (pexels.com/RDNE Stock project)

Komunikasi adalah kunci utama dalam setiap hubungan, terlebih lagi dalam LDR. Pastikan kamu dan pasangan memiliki jadwal komunikasi yang teratur, ya. Tidak perlu selalu berbicara sepanjang hari, tetapi pastikan ada waktu khusus setiap harinya untuk ngobrol secara mendalam.

Manfaatkan teknologi seperti video call untuk membuat percakapan terasa lebih nyata. Selain itu, jangan hanya berbicara tentang hal-hal sepele. Diskusikan juga perasaan dan harapan kalian untuk memperkuat ikatan emosional.

2. Percaya dan berikan ruang

ilustrasi hangout dengan teman (pexels.com/Pressmaster)

Kepercayaan adalah fondasi penting dalam LDR. Jangan biarkan rasa cemburu atau ketidakpercayaan merusak hubungan kalian. Berikan pasanganmu ruang untuk menjalani kehidupannya tanpa harus merasa selalu diawasi. Kamu pun tentunya butuh waktu untuk diri sendiri, bukan?

Kepercayaan yang kuat ini nantinya akan membuat kalian merasa lebih tenang dan yakin bahwa hubungan ini bisa bertahan. Ingat, terlalu sering menghubungi pasangan atau ingin tahu segala aktivitasnya justru bisa membuatnya merasa terkekang, lho.

Baca Juga: 5 Tips Melakoni Long Distance Relationship Agar Hubunganmu Minim Masalah

3. Tetapkan tujuan dan rencana bertemu

ilustrasi pasangan (pexels.com/Emma Bauso)

Memiliki tujuan yang jelas dalam hubungan LDR sangatlah penting. Untuk itu, hendaknya kalian diskusikan tentang masa depan hubungan kalian, apakah ada rencana untuk tinggal bersama atau menikah di waktu tertentu.

Selain itu, rencanakan pertemuan secara rutin. Meski mungkin tidak bisa sering bertemu, namun memiliki jadwal kunjungan bisa memberikan semangat dan harapan. Pertemuan langsung juga dapat memperkuat ikatan dan membuat kalian semakin yakin dengan komitmen yang dijalani.

4. Berbagi aktivitas bersama

ilustrasi baca buku (pexels.com/RF._.studio)

Meski terpisah jarak, kamu dan pasangan tetap bisa melakukan aktivitas bersama. Misalnya, menonton film yang sama sambil video call, membaca buku yang sama dan mendiskusikannya, atau bermain game online bersama.

Berbagi aktivitas seperti ini penting karena bisa membuat kalian merasa lebih dekat dan terhubung satu sama lain. Hal ini juga bisa menjadi cara menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama, meski secara virtual.

Verified Writer

L A L A

Warga Jakarta, dah itu aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya