TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Sungkan Berharap untuk Dapatkan 5 Hal Ini dalam Pernikahan

Kalau hal dasar ini aja gak terpenuhi, buat apa menikah?

Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Jonathan Borba)

Pernikahan adalah komitmen yang diharapkan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi kedua belah pihak. Namun, banyak orang yang merasa sungkan untuk mengungkapkan harapan dan keinginan mereka dalam pernikahan. Padahal, memiliki harapan dan keinginan yang jelas adalah bagian penting dari membangun hubungan yang sehat dan harmonis.

Dengan memahami dan menghargai kebutuhan satu sama lain, pernikahan dapat menjadi lebih kuat dan harmonis. Berikut ini adalah lima hal yang seharusnya tidak sungkan untuk kamu harapkan ada dalam pernikahan.

1. Keintiman fisik

ilustrasi mencium pasangan (pexels.com/JOAO ARAUJO)

Keintiman fisik adalah salah satu elemen penting dalam pernikahan. Jangan merasa sungkan untuk berharap dapatkan keintiman fisik seperti dipeluk, dicium, atau dirangkul pasangan. Keintiman fisik bukan hanya soal kedekatan tubuh, tetapi juga membangun koneksi emosional yang lebih dalam.

Dengan adanya keintiman fisik, kamu dan pasangan dapat merasa lebih dekat dan nyaman satu sama lain. Ini juga menjadi cara untuk menunjukkan kasih sayang yang gak hanya diungkapkan lewat kata-kata, tetapi juga tindakan.

2. Keintiman emosional

ilustrasi pasangan ngobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Selain keintiman fisik, keintiman emosional juga merupakan aspek yang sangat penting dalam pernikahan. Keintiman emosional berarti kamu merasa aman untuk mengungkapkan perasaan, keinginan, dan kebutuhanmu kepada pasangan. Kamu berhak, lho, berharap agar pasangan mau mendengarkan dan memahami apa yang kamu rasakan.

Dengan adanya keintiman emosional, hubungan kamu dengan pasangan bisa lebih kuat karena ada keterbukaan dan saling pengertian. Ini membantu membangun kepercayaan dan memastikan bahwa kamu dan pasangan berjalan bersama dalam menghadapi tantangan hidup.

Baca Juga: 7 Prinsip Pernikahan yang Wajib Diketahui Pasangan yang Mau Menikah

3. Keintiman seksual

ilustrasi hubungan suami istri (pexels.com/cottonbro studio)

Keintiman seksual adalah salah satu bentuk keintiman yang sering dianggap tabu untuk dibicarakan, namun sangat penting dalam pernikahan. Jangan ragu untuk mengungkapkan kebutuhan dan keinginanmu dalam hal ini. Kamu berhak untuk merasa diinginkan dan dicintai oleh pasanganmu secara seksual.

Keintiman seksual yang sehat dan memuaskan dapat memperkuat ikatan pernikahan dan meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan. Ini juga bisa menjadi cara bagi kamu dan pasangan untuk terus memperbarui dan menjaga gairah dalam pernikahan.

4. Romantisme dan gairah

ilustrasi kencan (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Gak ada yang salah dengan berharap agar romantisme dan gairah tetap ada dalam pernikahan. Sering kali pasangan yang sudah lama menikah cenderung kehilangan semangat dan romantisme yang dulu ada saat awal hubungan. Namun, ini bukan berarti romantisme harus hilang sepenuhnya.

Kamu berhak untuk mengharapkan agar pasangan tetap berusaha menciptakan momen-momen romantis dan menjaga api cinta tetap menyala. Romantisme dan gairah yang terus dipelihara dapat membuat pernikahan lebih hidup dan penuh warna.

Verified Writer

L A L A

Warga Jakarta, dah itu aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya