TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rahasia Ampuh Mengatasi Pasangan yang Cemburu Berlebihan

Cemburu yang berlebihan buruk untuk hubungan

ilustrasi pasangan cemburu (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Cemburu adalah perasaan yang alami dalam sebuah hubungan. Tetapi jika cemburu berlebihan, itu bisa merusak hubungan. Pasangan yang terlalu cemburu dapat membuat pasangan lain merasa tidak dihargai dan dibatasi.

Jika kamu merasa pasangan memiliki cemburu yang berlebihan, ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasinya. Berikut adalah lima tips untuk mengatasi pasangan dengan cemburu berlebihan.

1. Komunikasi terbuka

ilustrasi bersama pasangan (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Salah satu cara untuk mengatasi pasangan dengan cemburu berlebihan adalah dengan berbicara secara terbuka dengan pasangan kamu.

Luangkan waktu untuk duduk dan berbicara dengan pasangan kamu tentang perasaannya. Dengarkan apa yang membuat pasangan kamu merasa cemburu dan cari cara untuk memperbaikinya. Dengan begitu, pasangan kamu akan merasa lebih aman dan tidak perlu merasa cemburu.

Baca Juga: 4 Alasan Perlu Segera Memberi Respons saat Pasangan Cemburu

2. Beri kepercayaan

ilustrasi bersama pasangan (pexels.com/cottonbro studio)

Ketika pasangan kamu cemburu, itu mungkin karena kurangnya kepercayaan di antara kalian berdua. Untuk mengatasi cemburu berlebihan, beri pasangan kamu alasan untuk percaya padamu.

Berikan kepercayaan dengan selalu terbuka dan jujur ​​tentang apa yang kamu lakukan atau apa yang sedang kamu pikirkan. Ajak pasanganmu untuk berpartisipasi dalam kehidupanmu sehingga pasanganmu merasa lebih nyaman dan tidak perlu cemburu.

3. Jangan merendahkan perasaannya

ilustrasi bersama pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Jangan meremehkan perasaan pasanganmu, bahkan jika itu cemburu berlebihan. Coba untuk lebih memahami perasaannya daripada mengabaikannya atau menolaknya. Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandangnya dan berbicara dengannya dengan tenang dan rasional. Ingat, tidak ada gunanya memulai pertengkaran karena cemburu.

4. Tetapkan batasan yang jelas

ilustrasi bersama pasangan (pexels.com/Nadin Sh)

Jika pasanganmu memiliki cemburu berlebihan, buat batasan yang jelas. Beritahu pasanganmu tentang apa yang kapan kamu merasa nyaman atau tidak nyaman. Tetapkan batasan seperti tidak melihat atau berbicara dengan orang tertentu, tetapi jangan membuat aturan yang terlalu ketat. Cobalah untuk membuat batasan yang adil dan tidak merugikan salah satu pihak.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Keharmonisan Hubungan Jarak Jauh, Perhatikan!

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya