TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Sikap Baikmu pada Mantan Menunjukkan Kedewasaanmu

Hubungan baik membuatmu semakin dewasa

Ilustrasi hubungan yang baik. (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hari ini merupakan salah satu bagian dari masa lalu. Kamu bisa berdiri tegak dengan kepercayaan diri yang paripurna, berkat perjalanan berliku dari masa lalu. Perjalanan yang menguji ketegaran, jatuh bangun, telah mampu kamu lalui.

Kamu yang ada hari ini adalah sosok yang berbeda. Kamu telah mendewasa oleh waktu, dengan luka yang kini telah mengering. Kamu kini mampu menerima semua cerita masa lalu, sebagai takdir yang membawa banyak kebaikan dalam kehidupanmu.

Salah satu wujud kedewasaanmu adalah menjaga hubungan dengan mantan. Dia yang pernah hadir walaupun meninggalkan banyak kesedihan, kamu menyukurinya sebagai bagian dari takdir terbaik. Kamu tetap menjaga hubungan baik dengannya, pun, dengan lima alasan berikut ini.

 

1. Dia bagian penting dari perjalananmu mendewasa

Ilustrasi wanita bahagia. (pixabay.com/Free-Photos)

Pada awal perpisahan, dunia terasa hancur bagimu. Seluruh harapan dan impian seketika musnah oleh perselisihan yang tak kunjung ada akhir. Segalanya seketika berubah menjadi bayangan yang perlahan lenyap oleh kegelapan.

Langkah demi langkah kamu jalani bersama usaha keras sehingga kamu bisa berdiri hari ini. Di masa lalu, semuanya terasa menyakitkan, hanya ada perasaan marah dan benci. Namun setelah langkah itu kamu tempuh kian jauh, kamu akhirnya bisa menemukan sebuah titik harapan. Kamu akhirnya menemukan bahwa seluruh perjalanan di masa lalu, telah membantumu semakin dewasa dengan banyak kebijakan hari ini. Maaf dan menerima takdir adalah caramu kembali menemukan kebahagiaan yang baru.

 

2. Dia mengajarkan arti sebuah pertemuan

Ilustrasi pasangan menonton. (pixabay.com/Omar Medina Films)

Perpisahan akan terasa menyakitkan, apalagi untuk kamu yang telah menemukan kenyamanan di sana. Semuanya terasa berat di awal. Tidak mudah melangkahkan kaki dalam hati yang berselimut duka. Namun, perpisahan menunjukkan kenyataan padamu tentang hakikat sebuah pertemuan. Bahwa tiada pertemuan yang abadi. Tak ada pertemuan yang selamanya akan bersama.

Bahwa cinta akan selalu menemui batas yaitu takdir. Kembali, dengan seluruh pelajaran berharga dari masa lalu, kamu bisa menerimanya kembali sebagai bagian dari perjalananmu menemukan banyak pelajaran berharga.

 

Baca Juga: 5 Tanda Level Kedewasaanmu Lebih Tinggi Dibanding Teman

3. Kamu pernah melewati banyak bahagia bersamanya

Ilustrasi pasangan yang bahagia. (pixabay.com/StockSnap)

Semakin dewasa kamu telah memahami banyak hal. Bahwa dalam setiap kebersamaan, perpisahan akan menjadi sesuatu yang pasti. Kamu tidak lagi melihatnya sebagai sosok yang sangat kamu benci, dia tak lagi menjadi sosok yang kamu harus hilangkan dari duniamu.

Kamu dalam perjalanan menyadari betul, bahwa seburuk apa pun, dia pernah hadir bersama kebahagiaan yang nyata untukmu. Semua hanya tinggal masa lalu, tapi setidaknya kesan yang pernah ada, menjadi alasan, kamu akan terus berbuat baik padanya.

 

4. Menjaga hubungan baik pertanda kamu telah bertumbuh dengan sempurna

Ilustrasi wanita muda. (pexels.com/Hamid Tajik)

Menjalin hubungan baik dengan seseorang yang pernah memberikan luka yang begitu dalam adalah bukti, kamu telah bertumbuh sangat baik. Tidak banyak orang yang bisa menerima seseorang dalam hidupnya, setelah dia melewati banyak kesedihan.

Namun, di hari ini, kamu berhasil melenyapkan seluruh mendung kelam dalam hidupmu. Kamu menghadirkan cahaya kebahagiaan dalam hidupmu, tanpa harus memberikan batas pada hubungan sosialmu. Dia yang memberi luka, jadi sewajarnya bukan kamu yang mengekang kebahagianmu sendiri.

 

Baca Juga: Dalam Memandang Cinta, 7 Perbedaan Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya