TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Bantuan yang Bisa Diberikan pada Teman tanpa Mengeluarkan Uang 

Tidak semua bantuan yang diberikan harus memakan uang

ilustrasi dua orang mengobrol (unsplash.com/ Priscilla Du Preez)

Setiap orang pasti akan menghadapi masalah dalam hidupnya. Ketika temanmu sedang dilanda kesulitan, wajar jika kamu tergerak untuk membantunya. Sayangnya, kadang bantuan perlu diberikan dengan mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Berikut ini adalah beberapa bantuan yang bisa kamu berikan kepada temanmu tanpa perlu mengeluarkan uang. Apa saja bantuan-bantuan itu? Yuk, simak daftarnya!

1. Jadi tempat bercerita

ilustrasi mengobrol (pexels.com/RODNAE Productions)

Temanmu adalah makhluk sosial, sama sepertimu. Meskipun ia orang yang pendiam sekalipun, pasti akan ada saat di mana ia membutuhkan teman untuk mendengarkan keluh kesahnya. Menjadi tempat bercerita yang baik bisa sangat membantu meringankan beban pikiran temanmu yang sedang dilanda masalah.

Simaklah apa yang temanmu ceritakan tanpa ada keinginan untuk menghakimi. Ketahuilah bahwa semua orang bercerita untuk tujuan yang berbeda-beda. Ada orang yang bercerita untuk meminta pendapat, ada pula yang hanya ingin didengar tanpa digurui. Karenanya, hindari memberikan pendapat panjang lebar apabila temanmu tidak meminta hal itu, terutama jika masalah yang ia alami sulit untuk diubah.

2. Gunakan keahlianmu

ilustrasi menggunakan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah temanmu bercerita, kamu bisa mendapat gambaran mengenai masalahnya. Setelah kamu mendapatkan gambaran itu, tentunya kamu bisa mencari tahu mengenai hal-hal apa yang ia butuhkan. Jika kamu ragu, kamu bisa menanyakan kebutuhan itu langsung kepada temanmu.

Gunakan keahlian dan kemampuan yang kamu punya untuk membantu temanmu. Misal, temanmu sedang merasa stres dalam mengerjakan tugas akhir kuliahnya. Meskipun kamu tidak mengerti topik tulisannya sekalipun, kamu dapat menggunakan keahlianmu dalam menavigasi komputer untuk membantu menyunting layout tugasnya. Selain itu, masih ada banyak lagi kemampuan yang bisa digunakan untuk membantu. Contohnya seperti kemampuan melakukan riset, bernegosiasi, membuat desain, menerjemahkan bacaan, dan lain-lain.

Baca Juga: 6 Cara Bujuk Teman untuk Cari Bantuan Profesional Kesehatan Mental

3. Bantu selesaikan pekerjaan rumah

ilustrasi seseorang menyapu (pexels.com/RODNAE Productions)

Orang yang sedang sibuk pastinya membutuhkan bantuan dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. Meskipun temanmu tidak sedang sibuk sekalipun, bisa jadi masalahnya membuatnya stres dan menghilangkan semangatnya untuk mengurus rumah. Itulah kenapa membantu menyelesaikan pekerjaan rumah bisa menjadi kegiatan yang sangat meringankan beban tanpa mengharuskanmu mengeluarkan uang.

Kamu bisa membantu dari kegiatan yang ringan, seperti menyapu kamarnya dan membersihkan piring. Ada banyak juga kegiatan berat yang bisa kamu lakukan, seperti merapikan ruang tamunya, memasak, hingga pergi berbelanja untuknya. Pastikan bahwa kamu sendiri memang memiliki waktu dan tenaga untuk melakukan itu semua, ya! Jangan sampai kamu membantu pekerjaan rumah temanmu tapi pekerjaanmu sendiri menjadi terbengkalai.

4. Berikan informasi yang bermanfaat

ilustrasi seseorang menggunakan laptop (unsplash.com/Christin Hume)

Semua orang tahu bahwa informasi adalah harta yang tidak terhitung nilainya. Ketika seseorang sedang mengalami kesulitan, informasi bisa menjadi hal yang sangat membantunya. Cari tahulah masalah apa yang temanmu hadapi dan informasi apa yang ia butuhkan.

Kalau temanmu sedang kesulitan memasuki kuliah karena terhalang biaya, cobalah membantu dengan mencari informasi beasiswa. Kamu juga dapat mencari tahu informasi seputar pekerjaan part time atau freelance yang sedang dibuka. Jika ia mengalami masalah dalam mengerjakan tugas, carikanlah informasi yang berhubungan dengan tugas tersebut.

5. Bantu ia melupakan masalahnya

ilustrasi orang menggunakan handphone (pexels.com/ Keira Burton)

Tidak ada orang yang dapat kabur dari masalahnya. Pada akhirnya, cepat atau lambat ia harus berhadapan dengan masalahnya itu. Karenanya, masalah tidak bisa dilupakan secara sepenuhnya.

Namun, kamu masih bisa membantu temanmu melupakan masalah meskipun hanya untuk sebentar. Ajaklah ia berjalan-jalan di sekitar rumahnya untuk menghilangkan penat. Kamu juga bisa mengalihkan pikirannya dengan mengajaknya mengobrol tentang hal-hal yang ia sukai, seperti film. Kamu bahkan bisa membantu walaupun hanya dengan mengirimkan meme lucu.

6. Jangan menghakimi

ilustrasi dua orang mengobrol (pexels.com/Keira Burton)

Mungkin akan ada saat di mana kamu sama sekali tidak dapat membantu temanmu. Kamu sendiri akan terlalu sibuk hingga tidak bisa meluangkan waktu untuk mendengarnya bercerita. Kamu juga tidak punya waktu untuk membantunya mencari informasi, menyelesaikan pekerjaan rumah, atau sekadar berkirim meme.

Jika waktu itu tiba, jangan menyalahkan dirimu. Ada satu hal yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan tidak menghakimi temanmu. Temanmu sudah cukup dipusingkan dengan masalahnya sendiri. Ia tidak butuh penghakiman orang lain untuk membuatnya semakin pusing. Ingatlah pepatah yang mengatakan, “If you don’t have anything nice to say, then don’t say anything at all.”

Baca Juga: 6 Aturan Gak Tertulis saat Pinjam Motor Teman, Jangan Asal

Verified Writer

Helmi Elena

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya