TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Bunga dan Arti Uniknya, Cocok untuk Seni Memahami Kekasih

Ada arti unik juga romantis pada bunga loh!

Buket bunga pilihan (freepik.com/wirestock)

Orang Indonesia suka memberi hadiah kepada satu sama lain. Nah, memberi hadiah bunga masih menjadi salah satu kegiatan unik dan populer di Indonesia terutama untuk sepasang kekasih. Orang dapat memberi nilai lebih dan pesan istimewa pada orang yang menerimanya melalui arti bunga atau bahasa bunga.

Apa itu bahasa bunga? Bahasa bunga adalah arti bunga menurut makna tertentu yang unik. Bahasa bunga disebut juga floriografi. Bahasa bunga ini disusun dari berbagai inspirasi dan sumber berupa mitos kuno, cerita rakyat, simbol keagamaan, bentuk dan warna bunga itu sendiri. Sejarahnya panjang dan dipopuler oleh para penulis dan para penyair jaman dulu. 

Nah, berikut ini akan diulas lima jenis bunga dengan karakter uniknya yang bisa kamu pakai untuk memahami kekasihmu. Simak, ya!

1. Ratunya bunga paling romantis sejagat perbungaan yaitu bunga mawar

Bunga Mawar Merah (Pexels.com/Pixabay)

Bunga yang paling banyak dijadikan hadiah berasal dari jenis bunga mawar. Bunga indah yang dimaknai "cinta" dan "romantis" ini merupakan ratunya bunga romantis sejagat perbungaan yang disetujui oleh orang-orang diseluruh dunia termasuk di Indonesia.

Bunga mawar mewah yang mempesona memiliki arti romantis juga melambangkan cinta yang bergairah. Bunga mawar putih dapat bermakna kepolosan atau awal yang baru. Jika kamu ingin memberi kesan romantis yang tulus kepada kekasih hati, mawar putih bisa menjadi pilihan loh. Di beberapa romansa, mawar hitam bisa memiliki makna lebih agresif seperti "selamanya milikku". Janji setia yang cukup unik dengan sentuhan bunga mawar hitam. 

Bentuk dan warna bunga mawar memiliki arti unik atau bahasa bunganya sendiri. Bagaimana dengan memberi bunga dalam jumlah tangkai tertentu? Nah, istimewanya ratu bunga mawar yaitu jumlah tangkai juga memiliki bahasa bunganya!

Satu bunga mawar untuk "cinta pada pandangan pertama". Dua bunga mawar untuk "cinta yang saling menguntungkan". Empat tangkai bunga mawar memiliki arti unik atau bahasa bunga "tidak ada yang akan berdiri diantara kita". Manis banget, nggak sih!

Tujuh yang merupakan simbol keberuntungan jika diaplikasikan ke dalam tangkai bunga mawar bermakna "Aku tergila-gila padamu". Sepuluh bunga mawar? "Kamu sempurna". Meleleh nggak tuh yang diberi 10 tangkai bunga mawar. 

2. Bunga mungil Forget-Me-Not yang unik

Bunga Forget Me Not (Pexels.com/Tamara Elnova)

Adakah yang tahu atau pernah mendengar tentang bunga Forget-Me-Not? 

Nah, bunga Forget-Me-Not memiliki penampakan yang mungil tapi tumbuh subur di daerah yang lembab dan teduh. Bunga Forget-Me-Not biasanya memiliki lima kelopak kecil dengan variasi warna biru, merah muda serta putih.

Bunga Forget-Me-Not memiliki arti unik atau bahasa bunga yang mendalam. Cinta, kerinduan dan kenangan yang abadi. Orang yang memilih menghadiahkan bunga Forget-Me-Not sama seperti berkata, "Kenangan indah dan hubungan yang abadi."

Aduh, romantisnya gak kaleng-kaleng!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bunga Warna Ungu, Cantik untuk Kebun Kamu 

3. Elegannya bunga jenis lili yang menawan hati

Bunga Lili Putih (Pexels.com/Ánh Đặng)

Bunga lili yang cantik dan beraroma menawan memiliki daya tariknya tersendiri. Arti unik dalam perbungaan, bukan hanya bunga mawar putih yang menyimbolkan makna kepolosan dan awal yang baru. Bunga lili yang terkenal elegan dan menawan ini juga mewakili kepolosan dan kemurnian lebih baik. 

Bunga lili yang keindahan dan unik membuat banyak orang memakainya dalam berbagai kesempatan untuk memberi hadiah kepada kekasih hati. Bunga lili merah muda bisa diberikan kepada kekasihmu jika ingin menyampaikan "kekaguman" sekaligus "keanggunan wanita".

Arti unik atau bahasa bunga dari bunga lili jingga adalah "Percaya dirilah!" atau "Bangga pada dirimu". Bunga lili merah yang langka untuk kesempatan istimewa yang berarti "cinta yang mendalam". 

4. Tulip si bunga dari Turki, bisa tumbuh di daerah dingin di Indonesia

Bunga Tulip (Pexels.com/John-Mark Smith)

Bunga tulip ternyata berasal negara Turki loh! Tulip atau 'Lale' dalam bahasa Turki merupakah simbol yang sangat terjalin dengan sejarah dan budaya Turki. Saking indah dan bermakna sejarah, bunga Tulip juga digemari oleh beberapa orang Indonesia.

Bunga tulip ini bisa ditanam di Indonesia dengan dengan kondisi tertentu. Oleh karena itu, bunga tulip termasuk bunga langka di Indonesia. Berikan bunga tulip kepada kekasihmu sebagai bentuk perhatian khusus apalagi di momen-momen penting.

Bunga tulip putih memiliki arti unik atau bahasa bunga "perasaan yang tulus". Bunga tulip dengan warna merah muda memiliki arti "yuk, semangat lagi" sedangkan bunga tulip merah menawarkan pesan "cinta yang mendalam". Bunga tulip jingga memiliki arti unik atau bahasa bunga "aku mengerti".

Bagaimana dengan bahasa bunga untuk bunga tulip ungu yang langka dan bunga tulip kuning? Kamu yang ingin menyatakan pesan "kemewahan" dan "kemakmuran" bisa memberi hadiah bunga tulip ungu.

Tapi, jangan sekali-sekali memberi hadiah bunga tulip kuning, ya. Kecuali kamu ingin menyatakan pesan pada si penerima bahwa "cinta itu tanpa harapan" alias cinta ditolak!

Writer

Hana Eka Kurniasari

Hi, Lets be friends at IG @reviewfilm_kana_hobbyist

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya