TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Menghadapi Pasangan yang Kurang Ramah dalam Percakapan

Agak ketus, ya? Terapkan tips ini

ilustrasi bersikap diam (pexels.com/RDNE Stock project)

Percakapan yang menyenangkan dan hangat bersama pasangan adalah sesuatu yang menambah kebahagiaan. Namun, terkadang dalam kondisi tertentu seseorang bisa sedikit ketus ngomongnya. Mungkin sedang banyak pikiran atau ada masalah pribadi, sehingga saat diajak ngobrol kurang antusias, bahkan sempat agak nyelekit bahasanya.

Menghadapi pasangan yang sedang kurang ramah dalam percakapan, sebaiknya jangan dulu badmood. Terapkan saja enam tips berikut.

1. Gak usah cemberut, nanti kamu malah semakin gak mood

ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Daniel Xavier)

Memang sedikit kesal itu wajar, apalagi kalian sedang kencan atau kamu lagi kangen pengin ngobrol panjang, tapi pasangan malah menunjukkan sikap dingin. Namun, meresponsnya dengan marah dan cemberut bukanlah solusi tepat, itu justru bisa membuat reaksinya semakin negatif, suasana jadi memburuk.

Biar hubungan gak tegang, rileks saja dan ambil sikap yang bijak. Jangan memarahinya atau juga menyudutkannya, pertahankan senyuman manis di wajahmu supaya emosi gak memuncak.

2. Berhenti dulu berbicara, lalu tataplah matanya dengan lembut

ilustrasi menatap (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Berhenti sejenak, jangan berbicara dulu apalagi menggerutu. Tataplah matanya dengan lembut sambil tetap tersenyum manis. Ini akan memberikan sinyal positif yang bisa menenangkan hatinya. Tatapan lembut yang menunjukkan bahwa kamu perhatian, dan ingin tahu apa yang sedang dialaminya.

Dengan begitu, ini juga dapat menurunkan ketegangan dan menciptakan ruang percakapan yang lebih terbuka serta mendalam. Meski, dia agak sedikit membuatmu kurang nyaman, tetaplah mencoba memberinya kenyamanan, apalagi ini baru sekali terjadi, berempatilah.

3. Tanyakan kenapa, siapa tahu bercandamu ada yang terlewat batas

ilustrasi laki-laki tersenyum sambil bertanya (pexels.com/Jonathan Borba)

Ketika merasa pasangan kurang meresponsmu dengan baik saat tadinya asyik-asyik saja kalian berbincang, gak ada salahnya menanyakan tentang apa yang terjadi padanya. Jangan berasumsi negatif sendiri, lebih baik bertanya saja supaya dapat kepastiannya.

Siapa tahu, mungkin saja tadi ada cara bicara atau bercandamu yang terlewat batas, sehingga menyinggung perasaannya. Berikan kesempatan dia menjelaskan, dan jangan menyelanya.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Kebiasaan Menyalahkan Pasangan saat Sedang Badmood

4. Pegang tangannya, lalu peluk hangat

ilustrasi orang berpelukan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Jika dia sudah menjelaskan, dan sudah mulai mau menatapmu juga dengan penuh kasih sayang, pegang tangannya lalu berikan pelukan hangat dan mesra. Genggaman tangan akan mengirimkan sinyal kasih sayang dan ketulusanmu padanya. Ini menambah luluh hatinya, dan akan lebih nyaman lagi untuk terbuka.

Pelukan hangat akan menambah kuat penyampaian kasih sayang dan dukunganmu padanya. Dalam pelukan, kalian akan merasakan detak jantung yang sama, ini meredakan rasa marah yang sempat ada, dan menguatkan koneksi kalian.

5. Minta maaflah jika memang sikapmu tadi keterlaluan, meski tak menyadari atau tanpa kesengajaan

ilustrasi orang saling meminta maaf (pexels.com/Katerina Holmes)

Meski, sudah saling pelukan dengan hangat, kalau memang sikapmu tadi kurang berkenan di hatinya, tetaplah menyampaikan permintaan maaf. Ini akan membuatnya semakin lega, dan mau untuk kembali bersikap ramah, malah justru jadi semakin sayang.

Meminta maaf adalah tanda kedewasaan, meski tadi gak kamu sengaja, namun faktanya memang salah, kan? Jadi, jangan gengsi menyampaikan ini. Belajar untuk bersikap rendah hati, sehingga kamu akan semakin dicintai.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya