TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menyampaikan Keinginan ke Pasangan Tanpa Memancing Keributan

Pastikan dulu apa yang kamu mau, biar gak ragu

ilustrasi menyampaikan keinginan kepada pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebelum jadian, ada momennya mengutarakan perasaan. Mengatakan isi hati yang mencintai kepada sosok yang kamu dekati selama ini. Cinta pun bersambut, hingga kalian berkomitmen dalam status hubungan percintaan. Akhirnya, mulai membangun kisah cinta hari demi harinya. Setiap orang punya keinginan kepada pasangannya. Sebenarnya, bukan masalah yang besar, kan tinggal disampaikan saja, selesai.

Namun, faktanya gak semua pasangan saling mampu melakukannya. Ada yang malah tetap dipendam karena merasa gak enak, ada juga yang berani mengatakan, tapi ujungnya selalu memicu pertengkaran. Biar apa yang jadi maumu tersampaikan ke pasangan dan bisa diterima, tanpa memancing keributan, berikut lima tipsnya.

1. Sebelum bertemu, pastikan dulu apa yang kamu mau

ilustrasi berpikir (pexels.com/Min An)

Sudah tahu secara pasti tentang apa yang menjadi kemauanmu? Jika masih ragu, tentu saja bikin bimbang dan maju mundur untuk menyampaikannya ke pasangan. Makanya, sebelum bertemu dengannya, yakinkan diri dulu bahwa kamu akan menyampaikan sesuatu yang jelas dan masuk akal.

Sehingga, kepercayaan diri saat berbicara padanya akan kamu miliki. Dengan begitu, momennya nanti akan berjalan baik dan pasangan bisa menerima. Meski, belum tentu mengabulkannya, seenggaknya dia paham tentang apa yang menjadi keinginanmu.

Baca Juga: 5 Tips Mengajak Pasangan ke Jenjang yang Serius, Sudah Siap?

2. Lihat dulu situasinya

ilustrasi saling memahami (pexels.com/Wesner Rodrigues)

Menyampaikan keinginan pribadi kepada pasangan, sering bikin kamu deg-degan. Seolah akan berhadapan dengan seseorang yang penting sekali di dunia ini. Jika sudah tahu jelas kamu inginnya apa, dan sudah menjadwalkan waktu pertemuan dengannya. Saat bertemu, lihat dulu situasi dan kondisinya. Apakah dia sedang terlihat sibuk, tegang karena masih punya banyak pekerjaan, atau pas lagi santai-santainya.

Jika situasinya terasa mencekam dan terlihat sekali dari ekspresinya, maka tahan dulu tujuanmu menyampaikan sesuatu, apalagi yang berpotensi bikin dia akan salah memahaminya. Namun, apabila dia terlihat santai dengan senyuman manis yang selalu ditampilkannya, bolehlah saat itu juga kamu mengatakan apa yang diinginkan.

3. Bicaralah baik-baik

Ilustrasi berbicara (pexels.com/Katerina Holmes)

Mengutarakan kemauan kepada pasangan, tetaplah sopan santun, ucapkan dengan lembut, dan jangan banyak berkata-kata yang terlalu menuntut. Sangat bisa dimengerti, bahwa kamu ingin sekali sesuatu dan berharap pasangan mengiakannya. Tapi, jika caramu keliru yaitu dengan memberikan tuntutan dan pemaksaan agar dia setuju, jelas ini menimbulkan perdebatan hingga keributan.

Santai saja, awali dengan obrolan ringan, cobalah ceritakan keinginan dari sisi baik dan buruknya, lalu barulah ke maksud tujuanmu. Jangan lupa sertakan alasan yang masuk akal juga, sejelas-jelasnya dengan tetap bertingkah menyenangkan dan menghargai pasangan. Jika perlu sampaikan dengan kalimat yang lengkap biar semakin mantap.

4. Kelola emosi diri

ilustrasi bersikap tenang saat bersama pasangan (pexels.com/Julia M Cameron)

Terlalu gugup untuk menyampaikan kemauan sendiri kepada pasangan, bikin kamu gak terkendali. Biar suasananya tetap menyenangkan, gak tegang, santai dan pastinya solusi juga didapat, kelola emosimu saat berbicara.

Tarik napas dalam-dalam, tahan sebentar, lalu hembuskan pelan-pelan, dan mulailah utarakan keinginan kepada orang yang kamu sayang. Emosi yang terkendali, bikin kamu mampu menyampaikan keinginan hati secara rinci dan bisa mendinginkan suasananya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu dan Pasangan Tidak Cocok, Jangan Dipaksa!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya