TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Alasan Hubungan Jarak Jauh Tak Perlu Memaksa selalu Terhubung

Secukupnya saja biar tak mengganggu aktivitas

ilustrasi bertelepon (pexels.com/Liza Summer)

Setiap pasangan tentu inginnya berdekatan. Namun, kalau memang harus sementara berjarak karena urusan penting, satu sama lain perlu memiliki kemampuan mengerti keadaan pasangan.

Saat berjauhan kerap muncul kecurigaan, apakah pasangan mampu menjaga kepercayaan atau tergoda dengan yang lebih dekat. Beberapa pasangan menjalani komunikasi secara terus-terusan, bahkan ada yang sampai terhubung 24 jam.

Beberapa hari masih belum terasa, setelah cukup lama akan ada yang terganggu jadinya. Oleh karena itu, jika ingin relasinya aman, sebaiknya tak perlu memaksa pasangan untuk terus terhubung sepanjang waktu. Berikut empat alasannya.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kemapanan Emosional dalam Hubungan LDR

1. Supaya tak mengganggu kegiatan masing-masing

ilustrasi orang menghadiri rapat kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tak hanya pasangan yang terganggu aktivitasnya, kamu pun bisa demikian. Bayangkan jika hampir 24 jam teleponan, pasti ada kegiatan yang tidak fokus dijalani. Maka, sebaiknya saat sama-sama senggang saja.

Beri ruang masing-masing fokus menjalani kegiatan hariannya. Setelah saling lega, barulah terhubung secara virtual. Pekerjaan dan kegiatan lainnya lancar, asmara pun terjaga kepercayaannya.

2. Justru hubungan terasa semakin erat saat terhubung di waktu yang tepat

ilustrasi berdiskusi dengan pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Terhubung setiap saat ketika menjalani LDR belum tentu malah memperkuat ikatan cinta. Justru bisa sebaliknya, merasa jenuh dan malas kalau saling berbicara.

Itulah sebabnya, jika salah satu belum bisa berkomunikasi, sabar saja dulu. Kalaupun ingin menikmati waktu sendirimu, nikmati dengan gembira tanpa tertekan karena harus mencari ruang untuk bisa berkomunikasi dengan pasangan.

Baca Juga: 3 Seni Memahami Kekasih saat Jalani LDR

3. Pertengkaran bisa terjadi ketika salah satu sedang sibuk dan terpaksa berkomunikasi

ilustrasi laki-laki sedang bertelepon (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika sedang sibuk dengan kegiatan, lalu harus mengatur cara agar terhubung dengan pasangan, akan merepotkan jadinya. Dari hal ini bisa menguras energi dan mengganggu kestabilan emosi. Kegiatan malah berantakan, asmara pun dibumbui pertengkaran karena tak ada pengertian.

Maka, tingkatkan rasa percaya dan dukunglah pasangan agar fokus hingga tuntas kegiatannya. Ini lebih bijak dan mempererat hubungan ketimbang harus memaksa berkomunikasi di saat yang tidak tepat.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya