TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Zodiak yang Cenderung Memiliki Abandonment Issue, Takut Diabaikan

Bisa karena faktor trauma masa lalu

cuplikan serial XO, Kitty (dok. Netflix/XO, Kitty)

Perasaan takut akan ditinggalkan atau abandonment issue bisa menyulitkan bagi banyak orang. Faktor penyebabnya pun bervariasi, salah satunya pengalaman traumatis masa kecil seperti kehilangan orangtua atau pengalaman perpisahan yang menyakitkan. Bisa juga karena pola hubungan tidak sehat yang membuat seseorang merasa insecure atau tidak berharga.

Ketidak mampuan untuk mengatasi abandonment issue dapat mengakibatkan kesulitan dalam membina hubungan yang sehat dan stabil. Orang yang mengalami masalah ini mungkin cenderung terlalu tergantung pada orang lain atau bahkan menghindari hubungan intim sama sekali. Seperti halnya kelima zodiak berikut ini yang menurut astrologi cenderung memiliki abandonment issue.

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu Terjebak Commitment Issue, Kamu Bukan Priotitas! 

1. Cancer

cuplikan film The Hate U Give (dok. 20th Century Fox/The Hate U Give)

Cancer cenderung membentuk dinding emosional yang kuat karena ingin melindungi diri dari kemungkinan disakiti atau ditinggalkan. Mereka butuh waktu lama untuk membuka hatinya kepada orang lain karena ingin memastikan bahwa hubungannya akan bertahan selamanya. Hal ini membuat Cancer sering menunda atau menghindari keterlibatan emosional yang mendalam.

Dengan kekhawatiran akan ditinggalkan, zodiak ini menjadi terlalu protektif terhadap diri sendiri dan orang-orang yang disayangi. Mereka merasa tidak aman atau tidak nyaman saat berada di situasi di mana dirinya merasa tidak diinginkan. Ini membuat Cancer menjadi terlalu menggantungkan diri pada hubungan untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka.

2. Gemini

cuplikan film Through My Window (dok. Netflix/Through My Window)

Sosok Gemini sering mencari pengakuan dari orang lain untuk memastikan dirinya dipandang positif oleh lingkungan sekitar. Namun, kecenderungan Gemini untuk bergantung pada validasi eksternal dapat membuat mereka rentan terhadap abandonment issue. Mereka merasa senang ketika diperhatikan dan ketakutan saat diabaikan.

Bagi Gemini, perasaan diabaikan bukan hanya tentang kehilangan hubungan dengan orang lain, tetapi juga tentang kehilangan bagian dari diri sendiri. Mereka merasa sulit untuk memisahkan identitasnya dari penilaian orang lain. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan dan ketidakpastian yang mendalam.

Baca Juga: 5 Alasan Menghilangkan Trust Issue Butuh Waktu Pasca Diselingkuhi

3. Scorpio

cuplikan serial Riverdale (dok. The CW/Riverdale)

Seorang Scorpio memiliki ketakutan yang mendalam akan pengkhianatan dan kehilangan. Mereka sulit percaya dan memilih untuk menjaga jarak sampai yakin bahwa seseorang layak mendapatkan kepercayaannya. Namun, ketika Scorpio merasa telah memercayai seseorang dan hubungan tersebut berakhir, rasa sakit yang mereka rasakan sangatlah mendalam.

Zodiak ini akan merasa terkhianati dan ini dapat mengaktifkan kecenderungan untuk menjadi sangat cemburu terhadap orang yang mereka cintai. Mereka mungkin menjadi sangat protektif dan ingin mengontrol situasi agar dirinya tidak ditinggalkan. Scorpio memang cenderung memproyeksikan ketakutan akan ditinggalkan ke dalam hubungannya.

4. Pisces

cuplikan film After (dok. CalMaple/After)

Terkenal sebagai zodiak paling sensitif, Picses cenderung memiliki abandonment issue. Mereka terlalu mencintai pasangannya sehingga ketika hubungan itu berakhir, Pisces merasa kehilangan dan terluka secara mendalam. Apalagi mereka juga selalu menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhannya sendiri sehingga menciptakan ketidakseimbangan.

Pisces cenderung melarikan diri ke dunia imajinasi ketika merasa terluka atau ditinggalkan. Mereka mencari pelarian dari realitas yang menyakitkan ini dalam dunia yang dibuatnya sendiri. Bagi Pisces, penting untuk membangun kepercayaan pada diri sendiri sehingga tidak terlalu tergantung pada hubungan dengan orang lain demi mendapatkan kebahagiaan.

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya