TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghadapi Pacar yang Posesif

Cepat hadapi pacar yang mengontrol

ilustrasi pasangan sibuk (pexels.com/Mikhail Nilov)

Mungkin akan terlihat sangat romantis jika pacar selalu memperhatikan kamu dan melarang beberapa hal yang ingin kamu lakukan. Namun, dalam beberapa kasus, pacar yang selalu melarang dan mengekang pasangannya mungkin saja orang yang posesif. Mungkin bagi sebagian orang memiliki pacar yang posesif itu menyenangkan karena tingkahnya yang cemburuan. Namun, memang ada yang mau memiliki pacar posesif yang selalu memantau dan mengontrol gerak-gerik kita setiap hari?

Pastinya kamu tidak akan suka jika semua yang kamu lakukan selalu dikontrol oleh orang lain. Ingat, pacaran itu bukan berarti dia bisa seenaknya mengklaim kamu dan ikut campur setiap aspek kehidupan kamu. 

Memang, sih, memiliki pacar yang peduli itu menyenangkan. Namun, jika terus-menerus terjebak oleh pacar posesif akan membuat stres. Lalu, bagaimana menghadapi pacar yang posesif? Simak lima cara ini, yuk!

1. Membuat batasan

ilustrasi memberi batasan (pexles.com/Keira Burton)

Tidak ada salahnya jika dalam hubungan kalian memiliki batasan-batasan yang akan membuat kalian berdua nyaman. Memiliki pacar bukan berarti kita bisa bertanggung jawab akan kehidupan dan masalahnya. Terkadang, pasangan kita juga membutuhkan waktu sendiri, dan kalian bisa membuat batasan yang membuat kalian nyaman.

Kalian bisa membuat batasan seperti bagaimana sikap kalian dalam beberapa momen penting misalnya saja seperti pekerjaan, dan membuat batasan berbicara yang bisa membuat hubungan menjadi buruk.

Pada dasarnya, batasan itu bukan hal buruk. Sebaliknya, batasan malah akan membantu kalian mencegah timbulnya pertengkaran yang akan terjadi di masa depan.

Baca Juga: 5 Akibat Pasrah Didominasi Pasangan, Lengket dan Posesif

2. Saling terbuka

ilustrasi berkencan (pexels.com/cottonbro studio)

Menyembunyikan perasaan yang kamu rasakan karena pacar terlalu posesif hanya akan membuat kamu semakin tertekan. Jadi, kalau kamu bisa, berusahalah untuk saling terbuka satu sama lain, karena hal ini akan membantu hubungan semakin sehat.

Kamu bisa mencoba untuk mempertemukan pacar dengan teman-teman kamu, terutama jika kamu punya teman pria, begitu juga sebaliknya. Kalau pacar tidak mengenal seperti circle pertemanan kamu, malah akan membuat salah paham.

3. Berikan perhatian lebih

ilustrasi quality time (pexels.com/Anete Lusina)

Pacar yang posesif itu merupakan orang yang gampang banget cemas dan khawatir. Agar dia tidak mudah khawatir, berikan perhatian dan pengertian yang sejelas-jelasnya agar dia bisa mengerti dengan apa yang ingin kamu lakukan.

Kamu juga harus sebisa mungkin untuk menghindari konflik atau hal yang tidak disukai oleh pasanganmu. Kalian berdua harus membuat sebuah peraturan untuk menghindari hal-hal yang tidak kalian suka.

4. Jangan emosi

ilustrasi berkencan (pexels.com/cottonbro studio)

Meskipun dia melakukan banyak hal yang menjengkelkan, kamu jangan sampai terbawa emosi dan mudah marah. 

Membutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk menghadapi pacar posesif. Kalau kalian sama-sama orang yang mudah emosi, hubungan kalian mudah untuk hancur. Jadi, kalau pacar kamu sedang posesif, tarik nafas dalam-dalam dan jelaskan padanya secara perlahan.

Baca Juga: Apa itu Posesif dalam Hubungan Asmara? Ini Pengertian dan Ciri-Cirinya

Verified Writer

Dyah Sekar aruni

Berjuang dengan hidup yang tidak pasti dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya