TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Seseorang Takut Berkomitmen ketika Pacaran

Takut dikhianati lagi?

ilustrasi selamanya (pexels.com/Leah Kelley)

Terkadang ada rasa heran, mengapa ada orang yang takut untuk memulai komitmen pacaran atau menuju jenjang pernikahan dengan seseorang? Tapi jangan asal menghakimi, ya. Sebab orang tersebut memiliki alasannya tersendiri.

Alasan seseorang takut berkomitmen umumnya gak ingin membuang waktu dan energi atau gak mudah percaya untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Mungkin sulit memahami mereka, tapi kamu bisa belajar mengerti mereka, kok. Melalui artikel ini, kamu bakal tahu alasan seseorang takut berkomitmen. Coba pelajari, ya.

1. Tidak mau patah hati

ilustrasi broken heart (pexels.com/Monstera)

Alasan seseorang takut berkomitmen salah satunya adalah tidak ingin merasakan sakit hati. Mengapa? Mungkin saja mereka pernah mengalami kejadian yang membuat dia takut untuk menjalin kembali hubungan bersama orang lain. Bisa juga, mereka gak ingin menjai penyebab utama dari patah hati orang lain. Sebaiknya kamu pahami dulu tentang masa lalunya jika ingin mendekati orang-orang yang susah untuk menjalin hubungan. Karena bisa jadi di masa lalu dia adalah korban perceraian atau memiliki kenangan buruk dengan mantannya.

2. Membuang waktu

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Dalam berkomitmen mengharuskan kedua orang untuk memiliki rasa percaya yang sangat dalam pada pasangan masing-masing, dan sebagian orang percaya bahwa hubungan akan berhasil jika mereka memahami dan percaya pada pasangan mereka sendiri.

Kalau hanya menjalin komitmen yang tidak ada dasar yang kuat malah akan membuang mereka berpikir bahwa hubungan yang mereka miliki hanya akan membuang waktunya secara sia-sia karena tidak adanya keberhasilan.

Baca Juga: 3 Tips Akhiri Hubungan dengan Cowok yang Menolak Berkomitmen 

3. Masih ingin fokus pada diri sendiri

ilustrasi mandiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mereka merasa bahwa mereka belum selesai dalam memperbaiki diri sendiri atau belum selesai untuk menyeimbangkan kehidupan mereka. Karena tidak semua orang terlahir dalam keadaan yang tercukupi, membuat mereka ingin memenuhi kebutuhan hidup sendiri terlebih dahulu dan urusan komitmen dengan orang lain itu nomor kesekian baginya.

Memang sangat sulit untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi, pekerjaan, dan juga cinta. Banyak urusan yang belum tercapai dan terselesaikan, dan mereka akan berurusan dengan cinta ketika mereka bisa saja dan bagi mereka cinta bukan prioritas utama.

4. Takut penolakan

ilustrasi takut (pexels.com/Inzmam Khan)

Banyak orang yang memiliki masalah mereka sendiri, ada yang memiliki masa lalu buruk dan mungkin mereka merasa tidak percaya diri. Mereka berpikir bahwa dirinya tidak pantas untuk dicintai oleh orang lain, dan mereka tidak semenarik seperti orang lain.

Mereka mungkin saja mencintai dan suka pada seseorang, tapi orang itu malah tidak menyukai mereka. Mereka akhirnya terluka dan membutuhkan waktu untuk bisa mempercayai orang lain.

Baca Juga: 5 Zodiak Cowok Ini Kabarnya Takut Berkomitmen dengan Pasangan

Verified Writer

Dyah Sekar aruni

Berjuang dengan hidup yang tidak pasti dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya