TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membangun Kembali Hubungan Romantis dalam Rumah Tangga

Ada seni yang harus kamu pahami, nih!

ilustrasi pasangan romantis (pexels.com/João Jesus)

Intinya Sih...

  • Identifikasi masalah dalam hubungan dan bicarakan secara terbuka dengan pasangan.
  • Lakukan perubahan dan komitmen untuk memperbaiki hubungan romantis.
  • Fokus pada hal-hal kecil, luangkan waktu berkualitas bersama, dan jaga keintiman dengan pasangan.

Setiap hubungan pasti tidak lepas dari pasang dan surutnya, termasuk hubungan dalam rumah tangga. Hubungan pernikahan yang mulanya berjalan indah dan romantis pada suatu titik mungkin terasa sangat monoton dan membosankan. Tantangan hidup, rutinitas harian, masalah yang belum selesai, atau tekanan-tekanan dalam hidup mungkin menjadi beberapa alasannya.

Bila ini terjadi, masing-masing individu mungkin merasa jadi tidak saling terhubung lagi. Hubungan yang mulanya romantis bisa menjadi hambar dan hampa. Menjalani hubungan memang tidak memiliki panduan khusus, tetapi tetap punya seni untuk bisa menjaganya. Hal ini dinamakan seni memahami kekasih.

Nah, jika kamu sedang berada pada fase ini, ada seni memahami kekasih yang bisa kamu terapkan untuk membangun kembali hubungan romantis dalam rumah tangga. Yuk, simak tips berikut!

1. Mengakui masalahnya

ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro studio)

Hubungan yang tidak berjalan seperti biasanya pasti memiliki penyebab tertentu yang memicunya. Akui jika sedang ada masalah dan bicarakan dengan pasangan. Membicarakannya bersama secara terbuka dapat membantu mengurai permasalahan lebih rinci dan menemukan solusi.

Rachel Goldberg, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi menyarankan bahwa saat kamu dan pasangan berusaha membicarakan masalah, usahakan untuk berfokus pada apa yang sedang kalian rasakan masing-masing. Jangan saling menyalahkan atau membicarakan perilaku masing-masing yang berdampak menjauhkan. Ini justru akan memicu pertengkaran yang lebih rumit.

Selain itu, lakukan pembicaraan pada saat-saat yang santai dan tidak banyak gangguan. Jadi, carilah waktu yang tepat untuk berbicara dengan pasangan. Kalian bisa sambil minum teh atau pergi berpiknik.

2. Mengambil langkah untuk saling membangun kembali hubungan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Juan Pablo Serrano)

Setelah masalahnya teridentifikasi, pastikan kamu dan pasangan juga memiliki komitmen untuk memperbaikinya. Percuma saja jika kamu dan pasangan hanya menyadari penyebabnya. Perlu ada usaha dan niat untuk memperbaiki hubungan.

Cobalah lakukan beberapa perubahan terhadap apa yang telah membuat kerenggangan dalam hubungan. Jika pasangan tidak terbantu dengan urusan sehari-hari, misalnya, cobalah untuk mulai membantunya. Jika pasangan merasa kurang perhatian, kamu bisa mulai memberinya perhatian.

Pada awalnya, tindakan-tindakan tersebut mungkin akan terasa seperti dipaksakan. Namun, jika dilakukan setiap hari, hal tersebut akan memperkuat hubungan romantismu dengan pasangan lagi. Yang perlu diingat, kamu juga harus melakukannya dengan ikhlas dan konsisten, ya! Sebab, jika dilakukan dengan terpaksa, ini justru bisa menjadi bumerang rumah tanggamu pada masa mendatang.

Baca Juga: 7 Lagu Barat yang Mengajarkan Cara Memahami Kekasih, Bikin Candu

3. Cobalah untuk fokus pada hal-hal kecil

ilustrasi berlibur bersama pasangan (pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya)

Saat ada masalah dalam rumah tangga, tak jarang pasangan akan mempertimbangkan untuk melakukan tindakan besar untuk menebusnya. Sebagai contoh, ada pasangan yang pergi bulan madu atau liburan mewah. Meski kadang memang membantu, ini mungkin tidak membuat hubungan romantis terjaga lebih lama.

Saran terbaiknya, fokus pada hal-hal kecil dalam hubungan rumah tangga merupakan hal yang terpenting. Cara pasangan memperlakukan satu sama lain dalam keseharian akan membantu pasangan tetap terhubung. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Cobalah untuk lebih sering mengungkapkan perasaan sayang pada pasangan.
  • Ungkapkan rasa terima kasih pada pasangan secara lisan atau dengan cara lain.
  • Dengarkan pasangan saat bercerita.

4. Menghabiskan lebih banyak waktu bersama

ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (pexels.com/Helena Lopes)

Kadang, kita terlalu sibuk untuk saling menyadari kehadiran satu sama lain dalam rumah tangga. Meski tinggal seatap, tak jarang pasangan juga tidak memiliki waktu berkualitas yang benar-benar bisa merasakan kehadiran masing-masing. Nah, mulai sekarang, coba saling luangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama dengan lebih berkualitas.

Sebagai contoh, agendakan pergi makan berdua setiap sebulan sekali, menonton film berdua, olahraga bersama tiap pagi, atau mencoba keterampilan baru bersama. Memiliki lebih banyak waktu berkualitas dengan pasangan dapat memberimu lebih banyak ruang untuk terus “ngobrol” dan bicara dari hati ke hati. Selain itu, ini juga bisa membantumu lebih mudah terbuka dengan pasangan dan menghindari memendam masalah terlalu lama.

5. Memelihara keintiman dengan pasangan

ilustrasi pasangan romantis (pexels.com/Subodh Bajpai)

Menjaga segala bentuk keintiman dengan pasangan juga dapat membantu kamu tetap terhubung. Ini termasuk keintiman fisik (keintiman seksual), keintiman emosional, keintiman spiritual, dan keintiman mental. Berikut penjelasannya:

  • Keintiman fisik: memberi pelukan saat nonton TV atau rutin melakukan hubungan seksual dengan romantis.
  • Keintiman emosional: mengekspresikan emosi dan pikiran tentang apa yang penting untuk hubungan berdua.
  • Keintiman spiritual: melibatkan kepercayaan dan nilai-nilai dalam menjalankan hubungan.
  • Keintiman mental: banyak berdiskusi dengan pasangan tentang apa pun, seperti karier, politik, film, atau aspek kehidupan lainnya.

Menangani masalah dalam hubungan memang tidak ada formula yang pasti. Namun, beberapa #SeniMemahamiKekasih di atas bisa kamu terapkan untuk mencoba memperbaiki hubungan romantis rumah tanggamu yang sempat renggang. Terapkan, yuk!

Kabar baiknya, pada 5 September 2024 mendatang, IDN Picture akan merilis film terbarunya berjudul Seni Memahami Kekasih yang menarik banget buat kamu tonton. Film yang dibintangi Febby Rastanty dan Elang El Gibran ini menceritakan tentang kisah cinta penuh makna yang relate banget dengan kehidupan sehari-hari. Film ini pun dikemas dalam genre komedi dan syarat nilai. Bisa menjadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu bareng pasangan, catat tanggalnya dan jangan lupa nonton bareng di bioskop, ya!

poster film Seni Memahami Kekasih (dok. IDN Pictures/Seni Memahami Kekasih)

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Seni Memahami Kekasih

Verified Writer

Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya