TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan Saat LDR

hubungan tetap nyaman dan harmonis

ilustrasi pasangan ldr bertengkar (pexels.com/ Alex Green)

Menjalani hubungan jarak jauh atau LDR memang menjadi tantangan tersendiri. Adanya jarak yang memisahkan tak jarang menimbulkan beberapa permasalahan, seperti miskomunikasi dan overthinking. Tentunya, pada setiap hubungan selalu ada sedikit perdebatan yang terjadi, tapi saat dalam keadaan LDR perdebatan terkadang lebih sulit diselesaikan. 

Jangan khawatir, kali ini kita akan simak cara supaya masalah yang dihadapi saat LDR bisa cepat selesai. Bagaimana caranya? Berikut adalah caranya.

1. Komunikasi terbuka

ilustrasi pasangan LDR bertukar kabar (pexels.com/KATRIN BOLOVTSOVA)

Komunikasi adalah salah satu kunci berjalannya sebuah hubungan, baik dalam kondisi LDR ataupun tidak. Menjaga komunikasi dengan pasangan saat masa LDR akan menjadikan LDR tidak begitu berat. Ungkapkan perasaan yang dirasakan secara terbuka dan tidak melukai perasaan pasangan.

Apabila ada sesuatu yang mengganggu segera bicarakan dengan pasangan agar masalah tidak semakin rumit. Tapi, ada baiknya kita juga mengetahui kondisi pasangan apakah ia sedang dalam mood baik untuk membahas masalah yang dihadapi. Hal yang paling penting adalah tetap menjalin komunikasi teratur meskipun hanya membahas sesuatu yang sifatnya ringan.

2. Segera menyelesaikan konflik

ilustrasi pasangan menyelesaikan masalah (pexels.com/Alex Green)

Menunda-nunda untuk menyelesaikan masalah hanya akan membuat keadaan semakin tidak baik. Karena menunda untuk menyelesaikan masalah juga akan membuat jarak emosional dalam hubungan jarak jauh. Lakukan perbincangan tanpa melibatkan rasa kesal berlebih, tetap fokus pada penyelesaian masalah yang dihadapi.

Saat menjelaskan masalah sebaiknya jangan menyalahkan pasangan, hal ini justru akan membuat masalah tidak terselesaikan. Pilihlah kata-kata yang tidak menyakiti perasaan pasangan tapi tersampaikan dengan baik. Perlu diingat ya, saat terjadi masalah cari solusinya bukan siapa yang bersalah.

Baca Juga: 5 Cara Menunjukkan Perhatian saat LDR agar Tetap Terasa Dekat

3. Memberikan ruang pribadi

ilustrasi menikmati waktu sendiri (pexels.com/cottonbro studio)

Meskipun LDR membuat rasa rindu semakin besar, tetap usahakan memberikan waktu me time untuk pasangan. Saat LDR komunikasi memanglah penting, tapi memberikan waktu agar pasangan bisa menikmati waktunya sendiri juga tak kalah penting. Biarkan pasangan menyelesaikan tanggung jawabnya, seperti kuliah atau menyelesaikan pekerjaannya.

Memberikan ruang pribadi pada pasangan akan membuat hubungan tetap seimbang. Pasalnya, setelah memiliki waktu untuk diri sendiri, pasangan akan kembali berkomunikasi dengan suasana hati dan keadaan lebih baik. Karena hubungan yang baik adalah hubungan yang bebas dan tidak merasa terkekang.

4. Menggunakan humor

ilustrasi pasangan ldr bercanda (pexels.com/RDNE Stock project)

Pada saat-saat tertentu kita bisa menambahkan sedikit humor saat menyelesaikan masalah. Tujuannya tak lain yaitu untuk membuat suasana menjadi lebih relaks. Melontarkan lelucon, menonton film komedi secara online, atau mengirimkan meme dapat menjadikan suasana menjadi lebih cair.

Saat tertawa bersama, sedikit demi sedikit masalah atau kesedihan akan menghilang. Masalah yang dihadapi juga akan menjadi sedikit ringan karena dan tidak tercampur dengan emosi negatif. Tapi ingat, jangan gunakan humor saat masalahnya sangat serius ya, tetap lihat keadaannya.

5. Fokus pada hal-hal positif

ilustrasi telepon dengan pasangan (pexels.com/RDNE Stock projec)

LDR membuat kita lebih overthinking daripada sebelumnya. Daripada memikirkan sesuatu yang membuat sedih atau berprasangka buruk kepada pasangan, ada baiknya lebih pusatkan pikiran pada sesuatu yang positif. Bahas sesuatu seperti, bagaimana hubungan selanjutnya berjalan, menjelaskan sesuatu yang ingin dicapai atau hanya sekedar melakukan aktivitas online bersama seperti menonton film.

Dengan pikiran yang selalu positif, hubungan LDR akan terasa lebih nyaman. Resiko terjadinya salah paham juga akan semakin berkurang. Tidak akan ada lagi rasa jauh karena terpisah oleh jarak.

Kelima cara di atas semoga dapat membantu dalam menjalankan hubungan LDR kalian ya! Semoga hubungan kalian tetap penuh kehangantan.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Cocok Menjalani Hubungan LDR, Kesabarannya Luas!

Writer

Devi

Suka menulis dan suka Jeon Jungkook

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya