TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menunjukkan Perhatian saat LDR agar Tetap Terasa Dekat

Pasangan makin sayang, nih!

ilustrasi pasangan LDR (pexels.com/RDNE Stock project)

Memiliki hubungan tapi sedang menjalani masa LDR cukup membuat banyak pasangan merasa bahwa masa-masa LDR akan sangat sulit dilewati, terlebih pasangan yang sebelumnya belum pernah merasakan. Pasalnya, LDR kerap kali membutuhkan usaha dan upaya untuk tetap menjaga keharmonisan dalam kedua belah pihak.

Pikiran yang sering terlintas adalah rasa sayang pasangan akan pelan-pelan memudar dan hilang, benar atau tidak? Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hubungan tetap terjaga dengan baik, salah satunya dengan selalu memberikan perhatian pada pasangan. Tidak perlu bingung, berikut ini ada beberapa cara menunjukkan rasa perhatian kita kepada pasangan, simak, ya!

1. Komunikasi secara rutin

ilustrasi telepon dengan pasangan (pexels.com/RDNE Stock projec)

Seperti yang kita tahu, komunikasi memang sangat penting bagi pasangan yang sedang LDR, bahkan pasangan yang tidak dalam masa LDR juga membutuhkan komunikasi yang baik. Selalu luangkan waktu meskipun sedikit untuk berkomunikasi, dengan begini pasangan akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan. Dengan berkomunikasi, kedekatan emosional tetap selalu terjaga meskipun dalam kondisi jarak jauh.

Kurang komunikasi malah akan menimbulkan prasangka buruk pada pasangan dan terjadi kesalahpahaman. Cukup lakukan percakapan sederhana, seperti ucapan selamat pagi untuk mengawali hari, dengan begini pasangan akan merasa senang. Bisa juga dengan menceritakan bagaimana kamu menjalani hari ini. Tidak sulit kan?

2. Memberi hadiah

ilustrasi membaca surat dari pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Tidak perlu memberikan hadiah yang mahal. Berikan sesuatu yang pasangan sukai, seperti makanan kesukaannya. Memberikan hal disukai akan membuat pasangan merasa bahwa dirinya selalu diingat. Terlebih saat pasangan sedang ada masalah atau sedang sedih, pemberian yang diberikan akan membuatnya merasa lebih baik.

Kita juga bisa memberikan surat yang kita tulis sendiri. Tuliskan dengan sesuatu yang membuat pasangan merasa tenang, senang, dan nyaman. Berikan juga sedikit kata-kata yang bisa menambah semangat, meskipun sederhana hal ini akan membuat pasangan kalian senyum-senyum nih!.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Cocok Menjalani Hubungan LDR, Kesabarannya Luas!

3. Aktivitas virtual

ilustrasi bermain game bersama (pexels.com/cottonbro studio)

Mungkin saat kita memiliki waktu luang yang cukup banyak, kita bisa melakukan aktivitas virtual bersama pasangan, seperti bermain game atau menonton film bersama. Meskipun tidak bertemu secara langsung, aktivitas seperti ini bisa membuat hubungan tetap terjalin dengan baik. Kedekatan juga akan semakin bertambah meskipun tidak bertemu secara langsung.

Dengan melakukan aktivitas virtual seperti ini, waktu yang mulanya terasa berat akan berubah menjadi bermakna dan menjadi waktu istirahat yang tepat bersama pasangan. Tidak akan ada lagi rasa kesepian dan diganti dengan momen yang menyenangkan bersama pasangan. Jadi, lebih pilih main game atau menonton film?

4. Selalu memberi dukungan

ilustrasi pasangan memberi dukungan (pexels.com/ Alex Green)

Memilik pasangan yang menjadi pendengar baik adalah salah satu hal yang sangat berarti. Karena tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik, jadilah tempat yang nyaman bagi pasanganmu untuk mencurahkan keluh kesahnya. Dengarkan dan berikan saran apabila diminta atau cukup beri kata-kata yang menenangkan bagi pasangan. Rasa percaya satu sama lain juga akan semakin kuat karena merasa hubungan dapat diandalkan.

Selalu buat pasangan merasa nyaman untuk curhat, dengan begitu pasangan tidak akan menembunyikan perasaannya. Cobalah hibur pasangan agar perlahan lupa dengan masalah yang sedang dihadapi. Selain itu jangan lupa menghargai emosi pasangan untuk membantu pasangan merasa didengar.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kemapanan Emosional dalam Hubungan LDR

Writer

Devi

Suka menulis dan suka Jeon Jungkook

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya