TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kesalahan Umum dalam Hubungan yang Bikin Semuanya Terasa Hambar

Pasti kurang komunikasi, deh!

ilustrasi hubungan yang hambar (pexels.com/Alex green)

Dalam menjalani hubungan, gak semuanya selalu berjalan mulus seperti dalam kisah romantis. Bahkan setelah menikah dan hidup bersama sekalipun, itu bukan 'happily ever after' seperti yang tertulis dalam buku-buku dongeng. Justru, masalah akan sering muncul demi membuat kamu dan pasangan semakin dekat satu sama lain.

Tapi terkadang, kesalahan-kesalahan yang gak disadari juga bisa bikin hubungan terasa hambar dan kurang memuaskan. Cari tahu yuk, enam kesalahan umum yang sering dilakukan dalam hubungan dan bisa bikin kalian kehilangan semangat.

1. Kurangnya komunikasi yang efektif

ilustrasi seseorang tidak nyaman (pexels.com/RDNE Stock project)

Salah satu kesalahan paling umum yang biasanya jarang disadari dalam hubungan adalah kurangnya komunikasi yang efektif. Terkadang, kamu mungkin cenderung menahan perasaan atau pikiranmu daripada berbicara secara jujur dan terbuka dengan pasangan.

Hati-hati, kebiasaan seperti ini bisa mengakibatkan dia gagal paham, salah paham, dan merasa terabaikan. Penting banget, lho untuk terbuka dan jujur tentang perasaan dan ekspektasimu kepada si dia.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Introvert Saat Menjalin Hubungan

2. Kehilangan kedekatan emosional

ilustrasi seseorang bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Gak bisa dimungkiri, dalam hubungan jangka panjang, ada risiko kehilangan kedekatan emosional dengan pasangan. Kesibukan, rutinitas sehari-hari, dan masalah hidup lainnya bisa membuat kamu ataupun si dia jadi lupa untuk mengalihkan perhatian kepada pasangan.

Menghabiskan waktu berkualitas bersama, bicara soal perasaan, dan saling mendengarkan dengan penuh empati bisa membantu memelihara kedekatan ini. Pastikan kamu dan dia sama-sama berjuang untuk terus mempertahankan hubungan kalian.

3. Kurangnya penghargaan dan perhatian

ilustrasi seseorang tak didengar (pexels.com/Keira Burton)

Saat hubungan sudah berlangsung lama, kamu ataupun pasanganmu mungkin perlahan- lahan mulai lupa untuk secara aktif mengungkapkan penghargaan dan perhatian kepada satu sama lain. Alhasil, ini akan memicu timbulnya perasaan diabaikan atau gak dihargai.

Perasaan negatif yang muncul dalam hubungan, bisa bikin hubungan jadi terasa hambar. Penting banget untuk terus menunjukkan cinta dan perhatian dengan kata-kata dan tindakan sehari-hari, ya.

Baca Juga: 5 Mindset yang Perlu Dikembangkan Sebelum Menjalin Hubungan

4. Mengabaikan kebutuhan pasangan

ilustrasi seseorang tidak percaya diri (pexels.com/Alex green)

Setiap orang punya kebutuhan dan ekspektasi masing-masing dalam hubungan. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah mengabaikan kebutuhan pasangan atau merasa bahwa kebutuhan diri sendiri lebih penting.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu meluangkan waktu untuk memahami apa yang membuat pasangan bahagia dan berusaha memenuhi kebutuhannya. Ini akan menghidupkan kembali gairah dalam hubungan.

5. Gak mengatasi konflik dengan baik

ilustrasi seseorang membela diri (pexels.com/ Keira Burton)

Kamu pasti sudah tahu, kan, bahwa gak ada hubungan yang bebas dari konflik. Secinta apa pun kalian terhadap pasangan ataupun sebaliknya. Konflik adalah tanda bahwa kalian tengah menyamakan visi dan misi masing-masing agar bisa berjalan bersama terus menerus.

Eits, tapi, salah satu kesalahan besar adalah gak mengatasi konflik dengan baik. Menghindari atau menunda menyelesaikan masalah hanya akan memperburuk keadaan, lho. Coba deh, belajar berkomunikasi dengan lebih terbuka, mendengarkan dengan penuh perhatian, dan juga mencari solusi bersama. Ini adalah kunci untuk menjaga hubungan tetap sehat.

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Hubungan yang Sehat dan Bahagia, Bikin Langgeng!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya