TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Sederhana Bicara dengan Pasangan yang Gampang Baper

Nada bicara yang lebih lembut

Ilustrasi bicara dengan pasangan yang suka baperan (pexels.com/RDNE Stock project)

Berbicara dengan pasangan yang sensitif atau mudah baper bisa menjadi sesuatu yang menegangkan. Meskipun, penuh tantangan, tetapi juga sangat berharga agar kamu juga bisa membangun komunikasi yang lebih baik dalam hubungan. Saat pasangan punya sifat sensitif, setiap kata yang kamu ucapkan bisa punya dampak besar pada perasaan mereka.

Sehingga, penting untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik agar percakapan gak berujung pada salah paham atau konflik yang gak perlu. Memahami cara berinteraksi dengan pasangan yang baperan bukan hanya menghindari masalah, tetapi juga membangun lingkungan yang aman dan nyaman bagi keduanya. Nah, berikut beberapa tips agar kamu bisa berbicara dengan nyaman dengan pasangan yang baperan.

Baca Juga: 4 Film dan Drama Jepang Tentang CLBK, Siap-Siap Baper

1. Mencari waktu yang tepat untuk berbicara

Ilustrasi bicara di waktu yang tepat (pexels.com/RDNE Stock project)

Waktu saat kamu ngobrol bisa menjadi faktor yang menentukan suasana hati pasangan. Sebelum memulai membahas sesuatu yang penting, pastikan bahwa kamu dan pasangan berada dalam suasana hati yang sangat baik. 

Hindari membahas topik bersifat sensitif saat pasangan sedang stres, lelah, atau terganggu. Cobalah untuk pilih waktu yang santai, seperti saat di rumah atau saat berjalan-jalan. Lewat cara seperti ini, pasangan kamu akan lebih terbuka dan siap mendengarkan.

2. Menggunakan bahasa yang bersifat empatik

Ilustrasi berbicara dengan bahasa simpatik (pexels.com/RDNE Stock project)

Saat berbicara dengan pasangan yang baperan, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahasa yang empatik. Hindari menggunakan kata yang dianggap menyakitkan atau memberi kritikan secara langsung.

Sebaiknya, gunakan kalimat yang bisa menunjukkan perhatian dan pengertian kamu terhadap pasangan. Misalnya, saat ingin mengungkapkan rasa khawatir kamu dengan kondisi pasangan, sebaiknya cari kalimat yang menghakimi. Sehingga, pasangan kamu akan merasakan dukungan darimu, bukan serangan.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman yang Memblokir Kamu, Jangan Baper!

3. Mencoba mendengarkan dengan sungguh-sungguh

Ilustrasi mendengarkan pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Mendengarkan pasangan adalah kunci saat ingin membangun komunikasi yang baik. Saat pasangan kamu berbicara, berikan perhatian dan tunjukkan bahwa kamu memang ingin mendengarkan keluh kesahnya.

Hindari memberikan sanggahan secara langsung atau berpikir tentang apa yang akan kamu katakan selanjutnya. Tunjukkan bahwa kamu juga bisa menghargai perasaannya dengan mengangguk atau memberikan tanggapan yang sesuai. Hal ini akan membantu mereka merasa lebih dihargai dan dipahami.

4. Menghindari beberapa kata yang negatif

Ilustrasi menghindari kata kasar (pexels.com/Alex Green)

Saat berbicara, hindari menggunakan beberapa kata negatif atau terkesan menyalahkan. Misalnya, daripada menyalahkan pasangan saat dia gak mengerti dengan ucapan kamu, lebih baik katakan bahwa kamu memang belum menjelaskan dengan lebih rinci.

Hal ini bisa mengurangi perasaan yang gak mau mendengarkan pendapat orang lain dan membuka ruang untuk diskusi yang lebih membangun. Coba fokus dengan solusi saat sedang mendapatkan masalah daripada saling menyalahkan satu sama lain.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya