TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Cinta Menurut Ilmu Psikologi? Ini Penjelasannya

Beda sama suka gak, ya?

ilustrasi cinta saat SMA (freepik.com/Tirachardz)

Kita tentu sering mendengar kata "cinta". Bahkan, konon hidup tanpa cinta akan terasa hampa. Cinta juga sering kita temui di kehidupan ini, misalnya cinta pada kekasih, cinta pada orang tua, dan lainnya.

Namun, sebenarnya apa itu cinta? Apakah cinta sama dengan suka? Terlihat seakan mudah dijelaskan, ternyata cinta memiliki pengertian yang cukup kompleks, lho. 

Berikut penjelasan apa itu cinta menurut ilmu psikologi. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Apa itu cinta menurut ilmu psikologi?

ilustrasi jatuh cinta (freepik.com/Freepik)

Kita merasakan rasa cinta, tapi sering kali sulit menjelaskan apa itu cinta. Sebab, cinta berhubungan dengan perasaan yang sifatnya abstrak. Berbeda dengan benda yang bisa dijelaskan ciri-cirinya.

Untuk memahami apa itu cinta, kita bisa mengacu pada definisi menurut ilmu psikologi. Melansir Pysch Central, cinta adalah emosi kasih sayang yang kuat, kelembutan, atau pengabdian terhadap subjek atau objek.

Apabila mencintai seseorang, kita akan merasakan sensasi menyenangkan saat melihatnya. Kita juga jadi lebih peka terhadap reaksi orang tersebut. Perasaan cinta ini dapat memudahkan kita menjalin hubungan sosial dengan orang lain. 

Cinta ternyata sumber bertahan hidup manusia. Sebab, cinta mendorong terjadi kerja sama, reproduksi, dan upaya untuk saling mendukung. 

Sementara itu, cinta adalah serangkaian emosi dan perilaku yang ditandai dengan keintiman, gairah, dan komitmen, melansir Very Well Mind. Cinta juga melibatkan perhatian, kedekatan, perlindungan, ketertarikan, kasih sayang, dan kepercayaan.

Menariknya, dibandingkan dengan emosi biasa, cinta adalah dorongan psikologi. Enrique Burunat, seorang ahli psikologi dan biologi menyebutkan bahwa cinta merupakan motivasi fisiologis seperti lapar, haus, tidur, dan dorongan seks.

2. Tipe-tipe cinta

ilustrasi pasangan (pexels.com/Vija Rindo Pratama)

Definisi cinta tidak sederhana. Apalagi, jika kita melihat berbagai bentuk cinta yang tidak sama. Sehingga, untuk memahami apa itu cinta, kita perlu tahu bentuk-bentuknya.

Para psikolog mengidentifikasikan beberapa tipe atau bentuk cinta, yaitu:

  1. Persahabatan (friendship) adalah jenis cinta yang melibatkan rasa suka pada seseorang dan berbagi kedekatan tertentu
  2. Naksir/tertarik (infatuation) adalah bentuk cinta yang melibatkan perasaan ketertarikan yang intens, tapi tidak dalam komitmen
  3. Cinta yang penuh gairah (passionate love) adalah jenis cinta ini yang ditandai dengan perasaan rindu dan ketertarikan yang intens
  4. Cinta kasih sayang (compassionate love) merupakan bentuk cinta yang ditandai dengan kepercayaan, kasih sayang, keintiman, dan komitmen
  5. Cinta tak berbalas merupakan bentuk cinta yang terjadi ketika seseorang mencintai orang lain, tapi perasaannya tidak berbalas.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bosan pada Pasangan, Jangan Buru-Buru Putus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya