TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh agar Tetap Harmonis

LDR? Jangan khawatir!

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Menjalani hubungan jarak jauh bukanlah hal yang mudah. Ketika jarak memisahkan, kamu dan pasangan harus berusaha ekstra untuk menjaga keharmonisan hubungan. Komunikasi yang terputus, perbedaan zona waktu, dan jarangnya bertemu bisa menjadi tantangan besar.

Tapi jangan khawatir, hubungan jarak jauh bisa tetap berjalan harmonis asalkan kamu dan pasangan saling memahami dan berkomitmen untuk menjaga satu sama lain. Berikut ini lima tips praktis yang bisa kamu terapkan agar hubungan jarak jauh tetap harmonis dan bahkan bisa menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

1. Komunikasi teratur adalah kunci utama

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Salah satu tantangan terbesar dalam hubungan jarak jauh adalah menjaga komunikasi yang teratur. Kamu harus memastikan bahwa komunikasi antara kamu dan pasangan tetap lancar dan terbuka. Caranya bisa dengan menentukan jadwal rutin untuk berbicara atau bertukar pesan setiap hari.

Jangan hanya berbicara tentang hal-hal besar, tetapi juga luangkan waktu untuk berbagi cerita sehari-hari, meskipun tampak sepele. Ini akan membantu kamu dan pasangan tetap terhubung secara emosional, meskipun terpisah oleh jarak. Ingat, komunikasi yang teratur dan berkualitas akan membuat hubungan terasa dekat dan minim kesalahpahaman.

2. Tetapkan tujuan bersama untuk masa depan

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Menjalani hubungan jarak jauh tanpa arah yang jelas bisa membuat hubungan terasa melelahkan. Agar hubunganmu tetap harmonis, kamu dan pasangan perlu menetapkan tujuan bersama untuk masa depan. Diskusikan kapan kamu berencana untuk bertemu, apakah kalian memiliki rencana untuk tinggal bersama di masa depan, atau bagaimana kalian bisa menyatukan kembali kehidupan kalian.

Memiliki tujuan bersama akan memberi kamu dan pasangan harapan dan motivasi untuk terus menjalani hubungan dengan penuh komitmen. Ketika kamu tahu bahwa ada tujuan yang sedang diupayakan bersama, rasa kesepian karena jarak akan lebih mudah diatasi.

Baca Juga: Bisa Mabar, Ini 7 Game Terbaik untuk Pasangan LDR

3. Jangan lupa memberikan kejutan kecil

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Meskipun kamu dan pasangan terpisah jarak, memberikan kejutan kecil bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjaga keharmonisan hubungan. Kejutan tidak harus mahal atau rumit, kamu bisa mengirimkan kartu ucapan, hadiah kecil, atau bahkan pesan suara manis yang tidak terduga.

Kejutan-kejutan ini akan menunjukkan bahwa kamu memikirkan pasanganmu, meskipun tidak selalu berada di sampingnya. Tindakan kecil ini bisa membawa kebahagiaan dan membuat pasanganmu merasa dihargai dan dicintai. Selain itu, kejutan juga bisa menjadi penyemangat di saat hubungan terasa berat.

4. Luangkan waktu untuk bertemu secara fisik

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Sebanyak mungkin, usahakan untuk merencanakan waktu bertemu secara langsung. Pertemuan fisik adalah cara yang sangat penting untuk menjaga keintiman dalam hubungan jarak jauh. Tentukan tanggal dan tempat di mana kamu dan pasangan bisa bertemu, meskipun hanya untuk waktu yang singkat.

Momen-momen pertemuan ini bisa menjadi kesempatan untuk memperkuat ikatan emosional dan membuat kenangan yang berharga. Selain itu, pertemuan fisik juga akan memberikan kalian kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang mungkin sulit dibicarakan melalui telepon atau pesan. Jangan remehkan pentingnya kehadiran fisik dalam hubungan jarak jauh.

Verified Writer

Amelia Rosa

Just Beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya