TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Mandiri secara Finansial Sebelum Menikah, Kurangi Gengsi!

Gampang-gampang susah!

Ilustrasi orang tenang (unsplash.com/ Getty Images)

Mencapai mandiri finansial sebelum menikah adalah impian banyak orang, namun sering kali terhalang oleh gaya hidup yang penuh gengsi. Mengurangi gengsi dan fokus pada tujuan keuangan dapat menjadi kunci untuk membangun stabilitas finansial yang kuat sebelum memasuki kehidupan berumah tangga. Berikut ini lima tips yang dapat membantu kamu mengelola keuangan dengan bijak dan mencapai kemandirian finansial ketika belum menikah.

Baca Juga: 5 Risiko Resign Tanpa Persiapan, Finansial Dapat Terganggu

1. Buat rencana anggaran untuk masa depan

Ilustrasi Membuat Rencana (unsplash.com/ Milles Studio)

Yang pertama adalah kamu harus membuat rencana anggaran dari pemasukan yang kamu dapatkan. Mulai dari untuk kebutuhan sehari-hari, gaya hidup, dan yang tak kalah penting untuk tabungan di masa depan. Apalagi jika kamu ada rencana untuk menikah, kamu harus membuat planning untuk mencapai target dan tujuan kamu ke depannya, salah satunya memiliki tempat tinggal bersama pasangan ketika sudah menikah nanti.

2. Buat dana darurat

Ilustrasi membuat rencana keuangan (Unsplash.com/ Austin Distel)

Yang namanya hidup memang tidak bisa di tebak ya, guys! Jadi buatlah dana darurat dengan menyisihkan uang dari pendapatan perbulanmu. Dana darurat sebaiknya cukup untuk menutupi pengeluaran hidup kamu selama 3-6 bulan. Ini akan memberikan kamu keamanan finansial jika terjadi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau kebutuhan medis yang mendesak.

3. Investasi dan menabung

Ilustrasi mengatur keuangan (Unsplash.com/ Firmbee.com)

Yups! Salah satu hal terpenting untuk mandiri secara finansial adalah kamu harus mulai menabung atau investasi. Pilihlah investasi dengan risiko yang minim, seperti saham atau reksa dana. Selain itu kamu juga bisa mengikuti cara investasi dengan cara menabung emas. Karena setiap tahun nilai emas pasti selalu meningkat, dan cara ini minim risiko rugi jika dilihat secara finansial. Namun, cara ini harus dilakukan jangka panjang untuk mendapat nilai investasi yang jumlahnya besar.

Baca Juga: 4 Manfaat Hidup Minimalis Buat Mencapai Kesehatan Finansial

4. Pendidikan dan pengembangan diri

Ilustrasi pengembangan diri (unsplash.com/ Jordan Gonzales)

Satu hal yang tak kalah penting adalah investasikan waktu dan uangmu dalam pendidikan dan pengembangan diri. Keterampilan baru atau sertifikasi tambahan dapat meningkatkan prospek karir dan penghasilanmu. Selain itu, peningkatan keterampilan juga dapat memberikan kamu banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan stabilitas finansial yang lebih besar.

Verified Writer

Aisya Kusumawati

Hope you enjoy the articles and find some helpful things alongside the reading🩵

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya