TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pegangan Prinsip Pernikahan untuk Bekal Rumah Tangga Seumur Hidup

Menikah harus ada prinsipnya untuk menjalani hidup berdua

ilustrasi menikah (pexels.com/Aysenur)

Memutuskan untuk menikah memang sudah seharusnya mempunyai pegangan prinsip yang kuat. Karena menjalani rumah tangga dalam pernikahan tidaklah mudah, jadi perlu pegangan dan prinsip untuk bisa menjalani rumah tangga yang awet bersama pasangan. Lalu apa-apa sajakah prinsip dan pegangan pernikahan yang baik untuk jadi bekal rumah tangga seumur hidup? 

Mulai dari cara pengelolaan keuangan yang bijak, sabar yang luas menghadapi masalah rumah tangga, hingga komitmen yang kuat. Kalau ada prinsip yang dipegang sejak awal menikah jadi tidak mudah terombang-ambing rumah tangganya ketika dijalani. Lebih jelas mengenai apa saja pegangan prinsip pernikahan yang jadi bekal rumah tangga seumur hidup dapat disimak pada poin-poin berikut ini. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan dengan Keluarga Saat Merencanakan Pernikahan 

1. Bahwa butuh sabar yang luas tanpa batas dalam menghadapi masalah rumah tangga

ilustrasi diskusi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah. Sehingga perlu prinsip yang jadi pegangan sejak awal menikah bahwa butuh kesabaran tanpa batas dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Dengan begitu ketika menikah memang benar-benar siap untuk menghadapi segala masalah bersama. 

Karena kehidupan berumah tangga itu tidaklah semudah kelihatannya. Masalah-masalah yang terjadi bisa saja lebih berat dan banyak dibanding saat pacaran, makanya perlu sabar yang luas untuk menanganinya bersama. Sebab gak sedikit pasangan berujung cerai dan retak rumah tangganya ketika satu sama lain kurang sabar saat diterpa masalah. 

2. Pentingnya kelola keuangan rumah tangga dengan bijak kalau mau maju

ilustrasi pasangan pegang uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Prinsip lainnya untuk jadi pegangan rumah tangga seumur hidup ialah mengenai pengelolaan keuangan. Bahwa penting untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak kalau mau maju. Mau sestabil dan setinggi apapun finansial yang dimiliki, tidak akan maju dalam rumah tangga kalau gak dikelola dengan bijak. 

Maksudnya mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak itu, satu sama lain sepakat untuk mengatur penggunaannya bersama-sama. Berprinsip untuk hemat dan hidup sederhana sejak awal, merencanakan menabung, atau sedikit-sedikit investasi untuk keuntungan jangka panjang. Dengan begitu keuangannya benar-benar tertata dan dikelola dengan baik untuk bisa punya ini itu selama menikah. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan dengan Keluarga Saat Merencanakan Pernikahan 

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya