TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Penting Medical Check Up Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Menghindari adanya penyakit turunan ke anak

ilustrasi pasien (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika dirimu dan pasangan punya rencana akan menikah, maka yang dipersiapkan bukan hanya dari segi dana dan mental saja tapi juga kesehatan. Dimana kamu dan pasangan bisa rutin cek kesehatan, atau bahkan mengecek kesehatan secara menyeluruh dan detail. Supaya sebelum melangkah ke pernikahan jadi saling tahu jika ada penyakit yang terpendam di diri masing-masing. 

Adapun medical check up sebelum menikah memiliki banyak manfaat dan alasan baik di baliknya. Selain untuk mengetahui kondisi tubuh, penyakit yang dimiliki, pun juga untuk menghindarkan diri dari penyakit turunan pada anak jika memaksakan menikah. Satu-persatu alasannya dibahas lebih jelas di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya! 

1. Agar tahu kondisi kesehatanmu dan pasangan menjelang pernikahan

ilustrasi dokter dan pasien (pexels.com/RDNE Stock Project)

Sama-sama mengecek kesehatan penting untuk dilakukan pasangan sebelum menikah agar tahu kondisi tubuh menjelang pernikahan. Yang mana dalam proses mempersiapkannya pasti melelahkan dan menguras energi. Hal ini menjadi penting supaya gak terjadi hal buruk di hari pernikahan seperti pingsan atau drop tiba-tiba. 

Baca Juga: #TeenSpace: Ini Nih Medical Check-up yang Diperlukan Remaja!

2. Untuk mengetahui penyakit yang tersimpan di tubuh satu sama lain

ilustrasi pasien (pexels.com/Tomwieden)

Melakukan medical check up bersama pasangan sebelum menikah juga penting untuk mengetahui penyakit yang ada pada tubuh. Karena siapa tahu ada penyakit tertentu yang ada di dalam tubuh tapi dirimu dan pasangan tak menyadarinya. Bahaya kalau menikah tanpa tahu apa-apa, apalagi kalau ternyata ada penyakit berat yang bisa menular pada pasangan. 

3. Mewaspadai penyakit turunan ke anak jika memaksakan menikah

ilustrasi keluarga (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum menikah tidak hanya demi dirimu dan pasangan saja, akan tetapi juga untuk anak kalian kelak. Yang mana hal ini wajib dilakukan untuk menghindari adanya penyakit turunan pada anak jika memaksakan menikah. Sehingga akan lebih aman untuk punya anak jika sebelum menikah sudah tahu kalau kalian tidak punya penyakit apa-apa yang diturunkan. 

4. Menghindari pernikahan saudara yang tidak disadari

ilustrasi menikah (pexels.com/Juan Vargas)

Medical check up tidak hanya untuk mengetahui kondisi kesehatan saja, tapi juga untuk menghindari pernikahan saudara. Jadi kamu dan pasangan bisa cek darah untuk tahu apakah punya DNA orangtua yang sama atau tidak, siapa tahu orangtua kalian bercerai dan menikah berulang kali sehingga tak menyadari hubungan saudara sendiri. Karena pernikahan saudara itu berbahaya untuk keturunan nanti yang mungkin bisa mengidap penyakit kelainan. 

Baca Juga: Siap Menikah? Ini 5 Persiapan Kesehatan Pranikah yang Mesti Dicek

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya