TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Secure Relationship, Hubungan Sehat yang Saling Merasa Aman

Hubungan yang isinya suportifitas dan kenyamanan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Tipe hubungan sehat adalah secure relationship, yang mana hal ini biasanya terdapat di dalam hubungan para orang dewasa. Yang mana kedua belah pihak yang menjalaninya memang sudah sama-sama secure terhadap dirinya, dan siap untuk menjalin hubungan serius. Lalu seperti apakah ciri dari hubungan yang termasuk secure relationship

Hubungan yang secure sebenarnya bisa dikenali dari beberapa ciri dan karakteristik. Yang mana umumnya terlihat dari bagaimana pasangan yang sama-sama bahagia, suportif, stabil emosi dan mentalnya, hingga secure terhadap value diri masing-masing. Pokoknya secure relationship itu ditandai dari tips aman yang terdapat pada kedua belah pihak yang menjalaninya, dan berikut ini adalah beberapa ciri lebih lengkapnya. 

Baca Juga: 5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat dan Aman untuk Pasangan Insecure

1. Kamu dan pasangan saling membahagiakan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ciri dari secure relationship adalah ketika kamu dan juga pasangan menjalani hubungan dengan tujuan untuk saling membahagiakan. Yang mana baik dirimu dan juga pasangan sudah merasa bahagia atas diri dan kehidupan kalian, sehingga ketika berhubungan inginnya saling membuat bahagia. Tidak ada tuntutan pada pasangan untuk membahagiakan kalian, jadinya memang secure banget untuk bisa saling bahagia dan enjoy di dalam hubungan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membangun Rasa Secure dalam Diri

2. Suportif dan bangga dengan kesuksesan pasangan

ilustrasi pasangan kerja (pexels.com/Artem Podrez)

Ciri lainnya yang juga ada pada secure relationship adalah sikap suportif dan bangga terhadap kesuksesan pasangan. Bukannya merasa terintimidasi atau merasa iri dengan pasangan yang sukses dengan kariernya, tapi menjadi support system yang mendukung pasangan untuk terus maju dan berkembang. Sebab, ketika sudah sama-sama secure atas karier masing-masing, tentu yang harus dilakukan hanyalah mendukung, gak perlu ada iri-irian atau bahkan minder. 

3. Sama-sama stabil emosi dan mentalnya

ilustrasi pasangan (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Secure relationship juga ditandai dengan kestabilan diri kedua belah pihak, baik dari segi mental atau juga emosional. Yang mana kamu dan juga pasangan sudah matang dalam mengendalikan emosi masing-masing, pun juga tidak punya mental illness apa pun. Sehingga saat menjalin hubungan jadi sama-sama dewasa dalam menyikapi masalah, pun juga tidak menyakiti pasangan dengan kondisi mental yang tak baik. 

4. Tujuan hubungan jelas

ilustrasi pasangan (pexels.com/Melike Benli)

Kamu tahu kalau sebuah hubungan itu secure kalau pasangan yang menjalaninya punya tujuan jelas. Yang mana tujuannya adalah untuk ke pernikahan, jadi sejak awal hubungan memang gak niat main-main dan memang siap untuk hubungan yang serius. Dengan tujuan yang jelas lalu dibarengi dengan kepastian dan komitmen itulah yang membuat hubungan jadi secure

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Hubungan LDR Kandas di Tengah Jalan, Umur Hubungan?

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya