TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Jaga Kualitas Hubungan Bertahun-tahun, Kurangi Kecemburuan

Sama-sama mau menjaga kenyamanan hubungan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Baik atau tidaknya kualitas hubungan yang dijalani tergantung bagaimana satu sama lain saling berusaha menjaganya. Terlebih lagi untuk hubungan jangka panjang yang perlu effort kedua belah pihak dalam menjaga value hubungan. Bukan cuma saling cinta, tapi juga harus ada pengertian dan usaha untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain di dalam hubungan. 

Yang mana hubungan berkualitas itu tentunya harus memberikan rasa nyaman, validasi perasaan, hingga kedewasaan untuk saling menemani proses dalam hidup pasangan. Sehingga untuk value yang terjaga selama bertahun-tahun harus ada effort yang terus dilakukan dengan komitmen. Untuk bagaimana cara jaga kualitas hubungan dibahas satu-persatu di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya! 

1. Kurangi kecemburuan

ilustrasi teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setia dan takut kehilangan pasangan itu memang penting, tapi di dalam hubungan yang berkualitas baiknya tidak diisi dengan kecemburuan buta. Cemburu boleh, tapi jangan berlebihan sampai posesif atau membatasi ruang lingkup sosial pasangan. Sehingga salah satu cara jaga kualitas hubungan adalah dengan mengurangi kecemburuan dan tahu bagaimana menjalin hubungan sosial yang dewasa. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Hubungan LDR Kandas di Tengah Jalan, Umur Hubungan?

2. Perbanyak pakai logika dalam membangun komunikasi

ilustrasi pasangan ngobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Cara jaga kualitas hubungan lainnya juga dengan membangun komunikasi yang sehat. Komunikasi yang sehat dan berkualitas bukan hanya saling cerita saja, tapi juga ada pengertian, mendengarkan, dan juga usaha untuk saling memahami. Sehingga dalam berkomunikasi diperlukan rasionalitas dan logika, agar obrolan ataupun diskusi yang dilakukan di dalam hubungan dapat berjalan dengan sehat. 

3. Mengerti dan mau berusaha memenuhi kebutuhan satu sama lain di dalam hubungan

ilustrasi memberi (pexels.com/Dario Fernandez Ruz)

Disadari atau tidak, setiap orang pada dasarnya punya kebutuhan tersendiri di dalam hubungan. Lebih tepatnya kebutuhan cinta di dalam hubungan itu berbeda-beda, ada yang kebutuhannya berupa kontak fisik, perhatian, pelayanan, atau juga yang lainnya. Setelah mengetahui kebutuhan pasangan, juga harus saling berusaha memenuhinya untuk mencapai kepuasan cinta sepanjang menjalin hubungan. 

4. Saling memvalidasi emosi dan perasaan pasangan

ilustrasi pasangan sedih (pexels.com/Ivan Samkov)

Cara jaga kualitas hubungan juga dilakukan dengan saling memvalidasi emosi dan perasaan pasangan. Bahwa segala emosi dan perasaan pasangan adalah valid, sehingga perlu dicari tahu penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. Jadi ketika down ataupun bahagia tetap saling sama-sama memahami. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya