TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Aspek Saat Menyeleksi Teman, Pastikan Orangnya Tulus dari Awal Kenal

Lihat apakah dia memanfaatkanmu atau tidak

ilustrasi teman (pexels.com/Elina Fairytale)

Gak hanya pasangan saja yang harus dipilih, teman-teman pun juga harus diseleksi mana yang baik dan tidak untuk ditemani. Karena kalau salah pertemanana bisa berdampak merusak hidup atau bahkan berefek buruk untuk diri sendiri. Lalu apa sajakah aspek yang harus diseleksi saat memilih teman? 

Mulai dari teman yang tulus dari awal kenalan, memanfaatkan atau tidak, tingkat kenyamanan saat berteman, atau yang lain-lainnya. Aspek-aspek yang kiranya penting untuk pertemanan jangka panjang. Untuk lebih jelas mengenai apa saja aspeknya dalam menyeleksi teman, simak dalam pembahasan berikut ini, yuk! 

1. Pastikan orangnya tulus dari awal kenalan

ilustrasi teman (pexels.com/Zen Chung)

Ketulusan dalam berteman merupakan aspek paling penting saat menyeleksi teman. Pastikan teman yang dekat denganmu dan jadi sahabat itu yang memang tulus atau murni ingin temenan dari awal kenal, bukan yang punya modus tertentu. Memang perlu waktu untuk bisa melihat ketulusan seseorang saat menyeleksinya, tapi worth it untuk dilakukan saat memilih teman. 

2. Lihat apakah dia memanfaatkanmu demi keuntungannya atau tidak

ilustrasi bicara (pexels.com/Edmond Dantes)

Aspek lainnya dalam menyeleksi teman ialah dari dia yang memanfaatkanmu atau tidak. Memang sebaik-baiknya kita adalah yang bermanfaat untuk orang lain, akan tetapi bukan berarti membiarkan diri sendiri dimanfaatkan oleh teman untuk keuntungannya. Makanya dalam menyeleksi teman penting banget untuk menghindari tipe teman yang suka memanfaatkan, karena kamu sendiri yang rugi kalau pasrah dan diam saja saat dimanfaatkan orang. 

Baca Juga: 4 Tips Memilih Teman Buat Kamu Si Mahasiswa Baru

3. Hal-hal baik yang didapat dalam pertemanan

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Yan Krukau)

Hal-hal baik yang didapatkan dalam pertemananpun jadi salah satu aspek penting dalam menyeleksi teman. Yang mana jika tujuannya untuk pertemanan jangka panjang, tentu pilihnya teman-teman yang berdampak baik untuk dirimu. Dimana selama kalian berteman selalu ada hal baik yang didapat, entah itu belajar menjadi lebih dewasa, suportif dalam karier, atau bahkan bekerja sama membangun bisnis bareng. 

4. Kualitas pertemanan untuk jangka panjang

ilustrasi teman (pexels.com/Fauxels)

Kualitas pertemanan yang dijalani juga termasuk aspek penting dalam memilih teman, lho. Kamu bisa lihat dan nilai sendiri apakah pertemanan yang selama ini dijalani berkualitas atau tidak untuk dipertahankan terus. Kualitasnya bisa jadi seperti adanya perkembangan diri selama berteman, saling bantu dalam pekerjaan, pokoknya pertemanan yang membawamu menjadi pribadi lebih baik. 

5. Kenyamanan saat berteman

ilustrasi teman (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Dalam memilih teman jangan lupa untuk mempertimbangkan juga tingkat kenyamananmu dalam berteman. Hal ini sangat mudah untuk diketahui karena bisa kamu rasakan sendiri selama berteman dengan mereka, apakah merasa nyaman atau tidak. Karena percuma berteman lama kalau kamunya sendiri sebenarnya gak nyaman dan canggung bersama mereka, yang mestinya dicari dalam pertemanan itu adalah yang bisa membuatmu nyaman dan jadi diri sendiri. 

Menyeleksi atau memilih teman itu penting supaya gak berdampak buruk untuk dirimu dan hidupmu. Karena berteman itu kan gak cuma satu atau dua hari saja, jadi pastikan teman-teman yang dekat denganmu itu memang baik untuk ditemani jangka panjang. 

Baca Juga: 3 Tips Menyeleksi Teman demi Lingkungan Pergaulan Lebih Sehat

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya