TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Deep Talk Sangat Penting untuk Hubungan

#ANGPOIN Deep talk bukan sembarang omongan lho

Ilustrasi pasangan yang sedang berbincang (pexels.com/Cottonbro Studio)

Kata orang bijak, komunikasi jadi faktor yang paling penting dalam suatu hubungan. Ketika komunikasi dua arah berjalan dengan baik, maka hubungan juga akan lebih baik. Sebaliknya, jika komunikasi terhambat dan saling memendam, maka hubungan juga akan padam. Ada banyak cara untuk memperkuat komunikasi. Salah satunya adalah dengan melakukan deep talk.

Mengatur jadwal untuk berbincang secara mendalam bisa jadi hal yang patut dicoba. Kamu dan pasangan bisa mengatur waktu sesuai kebutuhan. Entah itu dua minggu sekali atau sebulan sekali. Kalau masih bingung kenapa harus ada deep talk, yuk ketahui dulu lima alasan pentingnya deep talk di bawah ini! Biar hubunganmu lebih dewasa dan bisa bertahan selamanya!

1. Bisa melatih sikap saling terbuka tentang apa yang dirasa

Ilustrasi pasangan yang sedang melakukan internal meeting (pexels.com/Mikhail Nilov)

Saling menyembunyikan perasaan itu tidak baik dalam suatu hubungan. Terlebih lagi jika terdapat perasaan mengganjal dengan pasangan. Dengan adanya deep talk inilah yang nantinya akan melatih sikap saling terbuka di antara kalian.

Ketika sudah berani jujur dan terbuka dengan perasaan sendiri, maka hubungan akan jauh lebih berarti. Utarakan apa yang membuatmu kesal belakangan ini. Luapkan tentang apa yang kamu rasakan selama ini. Semua itu akan membantu pasanganmu untuk lebih mengerti.

2. Sebagai upaya penyelesaian masalah yang tepat

Ilustrasi lelaki yang sedang menenangkan perempuan (pexels.com/SHVETS Production)

Deep talk bisa jadi upaya penyelesaian masalah yang paling baik. Ruang dan waktu berbincang sangat diperlukan untuk mencari solusi dari apa yang terjadi. Saling mengutarakan apa yang dikeluhkan bisa membuat kalian saling sadar.

Ketika rasa sadar sudah hadir, pikiran jadi lebih terbuka untuk mencari pemecahannya. Berdiskusi untuk cari jalan keluar bersama jadi cara terbaik, daripada harus pergi dan lari dari setiap masalah yang ada.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Deep Talk Bersama Pasangan Jadi Sulit Berhasil

3. Menjadi kegiatan evaluasi dalam hubungan agar lebih baik

Ilustrasi pasangan yang sedang berbincang (pexels.com/RODNAE Productions)

Dalam suatu hubungan pasti selalu ada lika-likunya. Rasa bosan pasti juga sempat hadir di beberapa keadaan. Kekurangan dari pasanganmu pun tidak jarang membuatmu merasa kesal.

Deep talk bisa jadi kegiatan untuk mengevaluasi semua itu. Bisa disebut juga sebagai survei keharmonisan hubungan. Kamu bisa menyampaikan apa saja yang tidak kamu suka pada pasanganmu dan sebaliknya. Utarakan saja apapun yang bisa membuat kalian berkembang bersama menjadi sosok yang lebih baik.

4. Mampu meningkatkan keakraban dan saling mengenal lebih dalam

Ilustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/August de Richelieu)

Meningkatkan intensitas waktu bersama bisa membuatmu lebih akrab dengan pasangan. Kalian bisa saling bercerita lebih dalam tentang hal-hal random. Mulai dari hal bahagia sampai yang mengukir duka.

Bisa berupa pengalaman lucu waktu kecil sampai luka terdalam yang pernah dialami. Kalian juga bisa saling memberi tawa dan canda di sela-selanya. Lewat hal-hal tadi, kalian bisa saling mengenal lebih dalam.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Suka Deep Talk Bareng Pasangan, Lebih Nyaman! 

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

A full time learner in life | Instagram: adiraaliffa & perahuteduh, twitter: @deardir1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya