TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Gunakan Tomat untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami

Back to nature

ilustrasi tomat (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Siapa, sih, yang gak pernah jerawatan? Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, terutama saat masa remaja atau pada saat situasi tertentu. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat, seperti hormon, peradangan, dan kelebihan minyak.

Nah, salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat adalah dengan tomat. Tomat mengandung asam salisilat alami yang membantu mengelupas sel kulit mati dan mengurangi peradangan, lho. Berikut enam tips penggunaan tomat yang efektif untuk mengatasi jerawat secara alami. Coba, yuk!

1. Masker tomat mentah

ilustrasi tomat untuk masker jerawat (freepik.com/rawpixel.com)

Cara paling sederhana yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan tomat mentah sebagai masker wajah. Potong tipis tomat matang dan letakkan potongan-potongan tersebut di atas area yang mengalami jerawat.

Diamkan sebentar kurang lebih selama 15-20 menit sebelum membilas wajah dengan air dingin. Kamu bisa melakukan ini beberapa kali seminggu untuk membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat.

2. Campurkan tomat dengan madu

ilustrasi masker tomat dan madu (freepik.com/user18526052)

Madu memiliki sifat anti mikroba alami yang dikenal bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan sedikit madu murni dan aplikasikan ke wajahmu sebagai masker.

Diamkan paling gak selama 15-20 menit sebelum membilasnya, ya. Kombinasi ini bisa membantu membersihkan kulitmu dan juga mengurangi jerawat.

Baca Juga: 5 Masker Alami untuk Perawatan Wajah, Mampu Mencerahkan!

3. Gunakan tomat sebagai scrub alami

ilustrasi scrub tomat (freepik.com/user18526052)

Bingung karena belum menemukan scrub yang cocok untuk kulitmu? Kamu bisa membuat scrub wajah alami dengan menggunakan tomat, lho. Campurkan bubuk gula pasir dengan jus tomat untuk membuat scrub yang lembut.

Gosokkan scrub ini dengan lembut ke wajah dalam gerakan melingkar. Kemudian, bilas dengan air hangat. Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

4. Masker tomat dengan yoghurt

ilustrasi tomat dan yogurt (freepik.com/Racool_studio)

Mau maskeran alami? Tomat dan yoghurt bisa banget kamu coba, nih. Sebab, yoghurt mengandung asam laktat yang bisa membantu meratakan warna kulit dan mengurangi noda bekas jerawat.

Campurkan tomat yang dihaluskan dengan yoghurt bebas gula dan oleskan ke wajahmu. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Kombinasi ini akan membantu menghidrasi kulit dan mengurangi peradangan.

5. Tomat sebagai toner alami

ilustrasi jus tomat (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Mau pakai toner tapi belum menemukan yang cocok? Eits, kamu juga bisa menggunakan jus tomat sebagai toner alami,  lho. Cukup aplikasikan jus tomat segar dengan kapas ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.

Tomat akan membantu menyegarkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih. Sehingga akan membantu mencegah jerawat baru muncul.

Baca Juga: 3 Masker Alami untuk Hilangkan Bruntusan, Yuk Bikin di Rumah!

Verified Writer

Desria

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya