TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Keutamaan Menjaga Wudu, Jadi Skin Care Alami hingga Tidur Nyenyak

Ibadah sederhana yang menyimpan banyak manfaat

ilustrasi pria sedang mencuci muka. (pexels.com/Mas Vathon)

Dalam syariat Islam, berwudu menjadi sebuah kewajiban bagi setiap muslim jika akan melaksanakan salat, baik salat sunah maupun salat wajib. Berwudu termasuk ke dalam materi taharah/bersuci yang diperuntukkan kepada umat islam dengan tujuan saat menghadap Allah ketika salat, badan sudah dalam keadaan suci dari hadas.

Namun, apakah ibadah wudu hanya dilakukan untuk salat saja? Tentu saja tidak. Ternyata, wudu menyimpan banyak keutamaan yang memiliki dampak positif terhadap kesehatan badan hingga psikis seseorang. Semakin sering seorang muslim berwudu setelah berhadas atau menyentuh lawan jenis yang bukan mahram, maka semakin banyak pula manfaat yang didapatkan.

Lalu, apa aja sih manfaat yang didapat jika sering berwudu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Membersihkan organ pernapasan

ilustrasi pria menutup salah satu lubang hidung. (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Membasuh hidung termasuk ke dalam sunah wudu. Sehingga, kalau gak dilakukan maka wudu tetap sah. Nabi Muhammad SAW memberikan istilah membasuh hidung saat wudu dengan sebutan istinsyaq. Tata cara membasuh hidung saat wudu cukup mudah, yaitu dengan memasukkan air lewat salah satu lubang hidung dengan cara dihirup dan mengeluarkannya lewat lubang satunya.

Adapun manfaat dari membasuh hidung adalah membersihkan jalan napas dari berbagai kotoran seperti debu hingga mencegah tumbuhnya kuman dan virus penyakit di dalam rongga hidung.

2. Skin care untuk meremajakan kulit

ilustrasi tangan putih bersih. (pixabay.com/andreas160578)

Air wudu biasanya sering dijadikan meme oleh anak muda saat ada teman menanyakan jenis atau merek skin care. Nyatanya, sering mengambil air wudu walau sedang tidak akan melaksanakan salat ternyata mempunyai efek yang tidak bisa diremehkan. Nabi Muhammad bersabda:

إنَّ أُمَّتي يُدْعَونَ غُرًّا مُحجَّلينَ مِن أثَرِ الوُضوءِ، فمَنِ استطاعَ منكم أنْ يُطيلَ غُرَّتَه فلْيفعَلْ

Artinya: sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah berseri-seri karena sisa air wudu. Maka barangsiapa diantara kalian yang mampu memanjangkan cahaya wajahnya maka lakukanlah.

Hadis di atas menegaskan bahwa keutamaan menjaga wudu salah satunya adalah menjadikan wajah segar dan enak dilihat karena efek dari menjaga wudu yang membuat wajah terlihat berseri-seri. Hal ini dikarenakan sifat dari proses wudu itu sendiri mengangkat sel kulit mati dan meluruhkannya.

Menurut dr. Wahyu Triasmara, menjaga wudu mempunyai manfaat seperti proses berwudu menjadi media membersihkan kulit wajah dan anggota lain dari kotoran seperti debu, membantu melembapkan kulit, dan menjaga suhu kulit agar tetap segar dan dingin.

Baca Juga: Keutamaan Wudu dan Doa yang Ada di Setiap Gerakan, Sudah Hafal?

3. Meredakan stres dan membuat pikiran relaks

ilustrasi migrain (IDN Times/Novaya Siantita)

Stres merupakan kondisi seseorang merasa tertekan secara psikologis karena dihadapkan pada keadaan terancam, terintimidasi, hingga situasi berbahaya. Kondisi stres yang tidak diimbangi dengan pengelolaan emosi yang tepat dapat memengaruhi seseorang untuk meluapkan amarah secara meledak-ledak, salah mengambil keputusan, hingga yang paling parah adalah meluapkan emosi dengan menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Nabi Muhammad SAW memberikan tips kepada umatnya di kala stres melanda, yaitu dengan berwudu. Air wudu yang sifatnya mendinginkan mampu mempengaruhi pikiran yang awalnya tegang menjadi lebih tenang dan meredakan emosi agar lebih stabil.

4. Mencegah penuaan dini

ilustrasi tangan orang dewasa sedang memegang tongkat. (pixabay.com/sabinevanerp)

Dilansir National Library of Medicine, orang yang sering mengalami stres berkepanjangan mengalami penuaan dini lebih cepat. Hal ini menimbulkan dampak yang bisa merembet kemana-mana, mulai dari kondisi psikologis yang terombang-ambing, gangguan kardiovaskuler hingga autoimun.

Air wudu menjadi salah satu solusi untuk meredam stres dan mengistirahatkan pikiran agar lebih tenang. Dengan sering memperbarui wudu, mampu menimbulkan reaksi seperti mendinginkan kulit dan kepala agar lebih rileks, media relaksasi untuk meredam stres, mencegah penuaan dini, dan melancarkan peredaran darah.

5. Mengembalikan suasana hati yang buruk

ilustrasi wanita dengan ekspresi marah. (pixabay.com/RobinHiggins)

Percaya atau gak? berwudu bisa jadi sarana menyejukkan hati saat lagi badmood. Di saat hati dan pikiran sedang badmood, setan akan mudah menggoda manusia untuk meluapkan emosinya lewat marah. Dilansir NU Online, Nabi Muhammad memberikan solusi untuk meredam marah karena hati sedang buruk. Nabi Muhammad bersabda:

اِنَّ الْغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ وَالشَّيْطَانُ خُلِقَ مِنَ النَّارِ وَاِنَّمَا يَطْفَاُ بِالْمَاءِ النَّارُ. فَاِذَا غَضَبَ اَحَدُكُمْ فَالْيَتَوَضَاءْ

Artinya: Sesungguhnya marah itu dari setan dan setan diciptakan dari api sementara api akan padam ketika terkena air. Maka jika diantara kalian ada yang marah maka berwudulah.

Mengapa wudu mampu menjadi obat dikala badmood melanda? Ini terjadi karena setiap rukun wudu membuat area penting seperti kepala dan kaki terkena air. Membasuh wajah dan mengusap kepala memberikan efek menyejukkan untuk mendinginkan kepala, membasuh kaki serta memijatnya menjadikan syaraf lebih rileks dan tidak tegang. 

6. Membuat tidur lebih nyenyak

ilustrasi anak kecil tidur dengan pulas. (pixabay.com/ddimitrova)

Tidur merupakan istirahat alami yang murah meriah dan dapat dilakukan dimana saja, sekalipun dalam posisi duduk. Namun, tidur juga menjadi masalah jika tidak dipersiapkan dengan benar.

Banyak kasus selepas bangun tidur, bukannya mendapat kesegaran malah timbul lelah yang berlipat ganda. Hal ini dapat disebabkan karena tekanan stres yang terbawa ketika tidur atau pikiran yang masih menyimpan beban berat.

Berwudu sebelum berbaring menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan badan menjadi lebih bugar. Dengan berwudu, mampu mengendurkan saraf yang tegang, melancarkan peredaran darah, melepas beban berat di kepala, dan membuat badan lebih rileks. Selain itu, berwudu sebelum tidur menjadikan tubuh dalam keadaan suci seperti halnya akan melakukan salat.

Begitu besarnya keutamaan menjaga wudu, sudah selayaknya setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa melestarikan ibadah yang luar biasa ini. Tidak hanya untuk salat, mengawali kegiatan positif seperti belajar atau bekerja dengan berwudu akan menambah pahala sekaligus berkah dari hasil usahanya.

Baca Juga: Inilah 6 Rukun Wudu yang Wajib Diketahui oleh Seorang Muslim

Writer

Zaki Charisudin

Menjadi manusia yang lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya