TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Bijak Menanggapi Opini Orang Lain, Stop Overthinking!

Tidak semua opini perlu didengarkan

ilustrasi perempuan sedang mendengarkan opini orang lain (Pexels.com/Antoni Shkraba)

Ada kalanya opini orang lain akan membantu kita mempermudah dalam mengambil keputusan. Namun, kadang juga sebaliknya, jadi bingung saking banyaknya opini yang kamu dapatkan. Mereka yang tidak memiliki pendirian yang teguh akan mudah terpengaruuh dengan apa kata orang lain.

Ia akan kerap bergonta-ganti keputusan yang juga mempengaruhi sikapnya, tergantung pada opini orang lain. Terlalu peduli dengan opini orang lain akan menambah beban mental dan membatasi diri kamu sendiri. Berikut ini hal penting yang perlu kamu pertimbangkan terhadap opini orang lain untuk kamu mengambil keputusan.

1. Semua orang bebas berpendapat, hasil akhir pada kamu

ilustrasi membatasi opini orang lain (Pexels.com/SHVETS production)

Dalam beberapa konteks, pendapat orang lain perlu untuk kamu dengar untuk menambah keyakinanmu dalam mengambil keputusan. Namun ingat, setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda, sebab itulah hasil akhir dari keputusan ada pada diri kamu. Tanpa merasa terpaksa dan dipaksa.

Apa yang menurut orang lain baik, belum tentu baik untukmu. Latih diri kamu untuk tidak khawatir dan cemas berlebihan terkait opini orang lain, agar kamu tidak kehilangan kepercayaan pada diri kamu sendiri.

Kamu adalah pemeran utama dalam hidupmu, jadi kamu yang paling tahu keputusan terbaik itu yang seperti apa. Fokus saja pada apa yang menurutmu paling bijak, keputusanmu bisa saja salah atau malah benar. Namun, dengan mengambil keputusan tanpa pengaruh dari orang lain, akan membuatmu lebih bahagia dan puas.

2. Kamu tidak bisa membuat semua orang bahagia

ilustrasi perempuan fokus pada hidupnya sendiri (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak cara dalam upaya orang lain membuatmu bahagia, salah satunya dengan memberikan nasihat yang bisa membantu hidupmu jadi lebih berkembang. Meskipun niatnya baik, namun tidak semua opini perlu kamu ikuti, ya. Lebih baik fokus dengan apa yang menurutmu penting.

Kamu gak perlu buang-buang energi untuk mendengarkan hingga menerima opini dari setiap orang. Manusia diciptakan dengan memiliki keterbatasan. Jadi, mana mungkin dapat menyenangkan semua orang. Keinginan menyenangkan semua orang adalah perbuatan mulia. Namun kamu akan kewalahan melakukannya.

Baca Juga: 5 Tips Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan, Jangan Egois!

3. Tidak semua opini harus dianggap serius

ilustrasi mendengarkan opini (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Salah satu sumber stres terbesar adalah terlalu memikirkan opini orang lain untukmu. Kamu akan merasa cemas, khawatir, plin plan bahkan tertekan dengan setiap opini yang kamu terima. Stres berlebihan tidak hanya menganggu kesehatan mental, namun juga dapat mempengaruhi kesehatan fisikmu, lho

Untuk mengurangi stres terhadap pendapat orang lain, mulailah menerima diri kamu apa adanya dan berhenti mendengarkan setiap opini. Ada kalanya opini yang kamu dengar cukup dianggap sebagai bahan candaan saja. Fokus saja dengan hal-hal yang bisa kamu kendalikan. Opini orang lain adalah kebebasan mereka yang tidak bisa kamu kendalikan.

4. Gak semua orang peduli denganmu

ilustrasi fokus dengan apa yang membuatmu bahagia (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ironisnya, banyak orang sering merasa orang lain memperhatikan apa yang ia kenakan, ucapkan dan lakukan. Nyatanya, tidak semua orang sepeduli itu. Mayoritas sudah sibuk dengan kehidupan pribadinya, gak ada waktu untuk beropini terhadap orang lain. Dengan mengingat tersebut, dapat melonggarkan pikiranmu, jadi lebih santai menikmati apa yang kamu suka.

Coba lepaskan emosi negatif yang menganggap semua orang peduli dan sedang menghakimimu. Kamu akan jadi lebih bebas, eksplor hal-hal yang kamu mau tanpa ada rasa takut dan cemas. Hidup ini terlalu singkat untuk kamu yang gemar mengkhawatirka hal-hal yang tidak terlalu penting.

5. Menjadi versi terbaik dari diri kamu sendiri saja

ilustrasi menjadi versi terbaik dari diri sendiri (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ingat, yang bisa mengendalikan hidupmu adalah dirimu sendiri. Daripada terobsesi terhadap opini orang lain, lebih baik fokus untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu sendiri. Fokus pada apa yang membuatmu bahagia, wujudkan keinginan sambil menikmati proses jadi pribadi yang lebih baik.

Dengan fokus pada pada perkembangan dan kesejahteraan pribadi, kamu akan menemukan kebahagiaan yang lebih nyata. Orang lain akan tetap beropini, namun itu tidak akan mempengaruhi kehidupanmu. Dengan menjadi diri sendiri, kamu akan menemukan kebebasan dan kebahagiaan yang lebih banyak.

Memang tidak mudah, bersikap bodoh amat terkait opini orang lain, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Lima hal di atas menjadi pertimbangan penting terhadap opini orang lain. Selain itu, lima hal di atas juga menjadi kunci penting untuk menikmati hidup dengan keputusan yang dibuat oleh diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Sosok Realistis Gak Mudah Percaya Opini Orang Lain

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya