TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Kamu Gak Perlu Mengikuti Gaya Hidup Teman

Malah bikin repot diri sendiri nanti

ilustrasi mengobrol dengan beberapa teman (pexels.com/fauxels)

Tentu saja teman-teman kita seringkali menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Tidak bisa dimungkiri bahwa gaya hidup mereka dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan kita. 

Namun, apa yang sesuai atau penting bagi teman mungkin tidak sejalan dengan kebutuhan dan prioritas kita sendiri. Misalnya, gaya hidup seseorang yang sangat terfokus pada kegiatan sosial mungkin tidak sesuai bagi mereka yang lebih memilih waktu sendiri untuk refleksi atau pengembangan pribadi.

Meskipun demikian, penting untuk menyadari bahwa tidak selalu mengikuti gaya hidup teman kita merupakan pilihan yang bijak. Sebab, setiap individu memiliki kebutuhan, tujuan, dan nilai yang berbeda. Nah, berikut alasannya kenapa sebaiknya kamu tidak mengikuti gaya hidup temanmu.

1. Kepribadian dan tujuan yang berbeda

ilustrasi tujuan (pexels.com/Markus Winkler)

Setiap individu memiliki kepribadian dan tujuan hidup yang unik. Meskipun kamu dan temanmu mungkin memiliki minat yang sama dalam beberapa hal, itu tidak berarti gaya hidup mereka akan sesuai denganmu. Misalnya, temanmu mungkin menyukai gaya hidup yang penuh dengan pesta dan hiburan, sementara kamu lebih memilih gaya hidup yang tenang dan introspektif.

Mengikuti gaya hidup teman yang tidak sesuai dengan kepribadian dan tujuan hidupmu dapat membuatmu merasa tidak nyaman dan tidak bahagia.

Baca Juga: 5 Tanda Temanmu Butuh Waktu untuk Sendiri, Pahami!

2. Pentingnya memiliki identitas yang unik

ilustrasi berdiskusi dengan teman (pexels.com/Juan Cordero)

Mengikuti gaya hidup temanmu tanpa mempertimbangkan apakah itu sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhanmu bisa membuatmu kehilangan identitas yang otentik. Setiap individu memiliki nilai-nilai dan keinginan yang berbeda, dan penting untuk tetap setia pada dirimu sendiri dalam mengambil keputusan hidup.

Ketika kamu hidup sesuai dengan apa yang benar-benar kamu inginkan dan percayai, kamu akan merasa lebih puas dan bahagia, bahkan jika itu berarti melangkah keluar dari bayangan temanmu.

Verified Writer

lotus n

ya begitu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya