TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Membuat Harga Dirimu Hilang!

Harga dirimu masih ada tidak?

Pixabay/Engin_Ekyurt

Dalam hidup memiliki harga diri itu sangat penting. Tetapi menjaga harga diri itu susah-susah gampang untuk dilakukan. Terkadang kita terjebak dalam kebiasaan yang membuat harga diri hilang. Pandangan orang lain terhadap diri kita menjadi rendah tanpa pernah disadari.

Mungkin lewat hal-hal yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Ternyata kebiasaan tersebut malah menjatuhkan harga dirimu. Beberapa mungkin sudah menjadi kebiasaan burukmu sejak lama, daripada penasaran yuk cek apakah harga dirimu masih ada?

1. Selalu menunggu pemberian

Pixabay/gregroose

Percayalah pada pepatah "tangan di atas jauh lebih baik daripada tangan di bawah." Kamu bisa menebak siapa yang lebih dihormati antara orang yang suka memberi atau orang yang selalu menunggu pemberian? Bukan berarti salah satunya lebih hina dari yang lain. Melainkan kebiasaan memberi akan membentuk karakter seseorang dengan harga diri yang tinggi.

Sekarang baliklah kebiasaan selalu menerima pemberian dengan menjadi sosok yang dermawan. Tidak harus lewat materi, kamu bisa mencoba lewat hal-hal kecil untuk menolong orang di sekitar. Kebiasaan tersebut akan menaikkan harga dirimu kembali. 

2. Berkali-kali melakukan kesalahan yang sama

Pixabay/Ingin_Akyurt

Siapa sih yang tidak bosan terus-terusan jatuh di lubang yang sama? Orang lain yang melihatmu melakukan kesalahan yang sama berkali-kali juga akan bosan dan meremehkanmu. Dalam pandangan orang lain, kamu sosok yang tidak bisa diandalkan karena tidak mampu melakukan perubahan.

Harga dirimu akan turun drastis jika kamu masih bertahan dalam kebiasaan yang lama. Kesalahan di masa lalu harusnya menjadi pembelajaran dalam hidupmu ke depan. Perbaiki dan lakukan perubahan jika kamu ingin menaikkan kembali harga dirimu yang sudah hilang.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Ada dalam Diri Kamu Jika Ingin Sukses Muda

3. Meremehkan orang lain

Pixabay/dotigabrielf

Meremehkan orang lain sama saja seperti membuka diri untuk diremehkan balik oleh orang lain. Kamu bisa saja menganggap orang lain tidak mampu melakukan pekerjaan, tetapi hindarilah kata-kata yang merendahkan seseorang. Perbuatan yang kita lakukan ketika menghina orang lain akan berbalik pada diri sendiri. Kamu tidak ingin kan harga dirimu turun hanya gara-gara meremehkan orang lain?

4. Terlalu sering mengumbar kesedihan

Pixabay/quinntheislander

Siapa sih yang tidak pernah merasa sedih. Semua orang juga pernah merasakannya. Tetapi jangan jadikan alasan sebagai daya tarik untuk Mengumbarkannya. Rasa kasihan yang diberikan orang lain belum tentu menaikkan harga dirimu. Justru kamu dianggap lemah dan terlalu fokus pada hal negatif. Cobalah untuk menyimpan rasa sedih menjadi privasi yang sulit diketahui oleh orang lain. 

Baca Juga: 5 Sikap Penting yang Akan Menumbuhkan Kebijaksanaan dalam Diri

Verified Writer

yenny anggraini

Berusaha menjadi lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya