TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tingkah Laku Semut Berdasarkan Alkitab, Coba Perhatikan

Refreksi diri kepada semut!

ilustrasi semut (pexels.com/Poranimm Athithawatthee)

Intinya Sih...

  • Semut hidup teratur dan rajin, mencari makan dan bekerja sama dengan kawan-kawannya.
  • Keberanian, kecerdikan, dan disiplin semut dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Semut hidup bersama dalam komunitas besar dengan tugas rutin yang tidak pernah dilanggar.

Semut merupakan hewan kecil hidupnya teratur dan memiliki sifat rajin. Untuk mencari makanan saja ia mau berjalan jauh. Saat menemukan makanan pun mengajak kawan-kawannya bekerja sama untuk mengangkat makanan itu. 

Alkitab juga menyinggung tentang perilaku hewan ini dan terdapat dalam Amsal 6:6-8. Agar lebih mudah dipahami, berikut isi kitab Amsal 6:6-8: 

Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya bijak dan jadilah bijak; biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya dimusim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen. Oleh sebab itu perhatikanlah tingkah laku-tingkah laku semut dibawah ini sebagai refreksi diri anda sendiri sebagai perenungan diri. 

1. Semut rajin melakukan tugas pekerjaan

ilustrasi semut rajin (pexels.com/Jimmy Chan)

Amatilah prilaku mereka. Mau di dalam ruangan maupun di luar ruangan, semut tidak pernah berleha-leha atau hanya memilih berdiam diri saja. Sebaliknya, mereka selalu bergerak aktif tidak mengenal letih.

Dalam keadaan cuaca mendung. Semut-semut keluar dari sarangnya bergotong royong mencari makanan. Mereka terus bekerja dengan giat. Usahakan diri kita terus memiliki semangat, giat, dan rajin seperti semut. Jangan bentar-bentar santai dahulu, mengeluh capek, tidak ada semangat mengerjakan apapun.

2. Kebersamaan dan saling mengasihi

ilustrasi kebersamaan semut dan saling mengasihi (pexels.com/Jimmy Chan)

Semut merupakan serangga kecil mempunyai motivasi untuk bertindak biasanya dilakukan sebagai respons terhadap rangsangan eksternal tertentu adalah naluri sosial yang tinggi. Mereka hidup bersama-sama dalam komunitas besar. Misalnya, mereka menemukan sesuatu yang dapat di makan, mereka akan makan bersama-sama dan sebagian lagi mereka bawa ke kelompoknya.

Semut pekerja lainnya akan datang menjemput mereka di lorong sarang, menggosokan sungut mereka yang peka pada semut yang baru pulang itu agar makanan yang dibawanya bisa dikumpulkan. Selanjutnya makanan-makanan itu dibawa dalam kubangan kecil untuk nantinya di makan secara bersama-sama.

3. Disiplin

ilustrasi semut disiplin (pexels.com/Johnny Mckane)

Baca Juga: 5 Spesies Semut Daun, Koloni yang Memiliki Aktivitas Unik

Kehidupan semut di dalam sarangnya merupakan tugas yang rutin dan tak pernah dilanggar, dan masing-masing semut memiliki tugas tertentu yang menunjang keberhasilan seluruh koloni. Sebagian tugas itu berat sebagian lagi mudah.

Semut pekerja membangun sarang untuk  memberi tempat bagi semut-semut lainnya yang berjumlah besar. Membangun sarang merupakan pekerjaan yang memerlukan kedisiplinan. Para semut pekerja saling bantu untuk membuat terowongan yang diperlukan, menghubungkan ruang penyimpanan makanan dengan kamar-kamar perawatan larva-larva, agar selalu tersedia cadangan pangan yang melimpah untuk semut-semut generasi berikutnya.

4. Cerdik dan berani

ilustrasi semut cerdik dan berani (pexels.com/Gio Modzmana)

Ada pepatah yang mengatakan "Semut pun jika terus menerus di usik suatu saat pasti melawan". Pernah digigit semut? Tentu saja pernah, bukan? Bandingkan perbedaan semut dan manusia. Sekalipun semut itu binatang yang sangat kecil tetapi memiliki keberanian terhadap yang jauh lebih besar dari postur tubuhnya.

Kecerdikan semut teruji ketika langkahnya terhenti dikarenakan jalan yang dilaluinya menjadi buntu. Ia tidak putus asa, melainkan berusaha mencari jalan lain agar perjalanannya tidak terganggu.

Writer

Wandi Lay

konsisten untuk terus berlatih serta memberikan yang terbaik untuk dirimu sendiri!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya