TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Nektar Buatan untuk Pakan Kolibri, Bisa Bikin Burung Sehat

Tidak bikin burung kolibri kurus atau nyilet

ilustrasi burung kolibri (pexels.com/Janice Carriger)

Pencinta kicau mania tentu tidak asing dengan jenis burung kolibri. Di alam, burung kolibri biasa mencari makan dengan menghisap nektar yang ada di alam. Namun, saat kita memelihara burung kolibri, mungkin ada yang bertanya-tanya terutama pakan yang diberikan pada burung kolibri tersebut apa.

Sebenarnya, untuk pakan burung kolibri banyak yang menjualnya dalam berbagai jenis produk. Namun, harganya bisa dibilang cukup mahal membuat orang-orang mencoba untuk membuat nektar racikan sendiri. Untuk kamu yang ingin memelihara burung kolibri dan ingin meracik pakan sendiri untuk burung kesayanganmu, cobalah dengan bahan-bahan ini. Apa saja? simak, ya!

1. Kental manis

ilustrasi susu kental manis yang dituang ke gelas bening (pexels.com/Bamusiime Sylvia)

Kental manis umumnya diuat untuk dikonsumsi manusia, namun krimer ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat nektar untuk burung kolibri. Kandungan yang ada pada kental manis inilah yang menjadi faktor bahwa kental manis bisa menjadi bahan untuk membuat nektar buatan.

Pemberian kental manis pada burung kolibri yang tidak menyukai EF (Extra Fooding) untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan membuat burung kolibri gemuk. Saat kamu meracik nektar sendiri, cukup gunakan secukupnya saja untuk bahan campuran atau kamu bisa memberikan dua sachet saja.

2. Kuning telur

ilustrasi beberapa jenis telur yang bisa dikonsumsi (pexels.com/Andy Barbour)

Nyatanya, kuning telur tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja sebagai bahan campuran minuman jamu. Dalam kasus meracik pakan nektar untuk burung kolibri, penggunaan kuning telur ini juga memiliki manfaat yang bisa membuat burung kolibri peliharaanmu menjadi sehat dan lincah.

Kamu disarankan menggunakan kuning telur ayam kampung atau kuning telur bebek jika ingin meracik pakan nektar sendiri. Selain kandungan vitaminnya yang membuat burung kolibri kicau mania sehat, pemberian kuning telur ini juga bisa membuat warna bulu kolibri milikmu tetap cerah dan tidak pudar.

Baca Juga: 5 Perbedaan Nektar dan Madu, Zat Pemanis dari Alam

3. Sirup

ilustrasi sirup untuk campuran makanan dan minuman yang aman (pexels.com/Kay Hunjan)

Sirup pada umumnya rasanya manis. Sebab, pada sirup terkandung banyak sukrosa yang mana bisa sebagai nektar untuk burung kolibri peliharaanmu. Dengan menambahakan sirup untuk campuran nektar buatan merupakan pilihan yang baik untuk memberi kolibri energi tambahan, membuat mereka lebih aktif, lincah, dan sehat.

Namun, jika pemberian hanya berupa sirup dan dilakukan secara berkelanjutan tanpa suplemen makanan lain, seiring waktu, kolibri dapat mengalami kekurangan berat badan atau malnutrisi. Bahkan, berisiko mengalami kematian jika tidak diatasi. Sehingga, sirup cocok dijadikan campuran untuk membuat nektar.

4. Madu

ilustrasi madu yang dituang ke wadah kecil (pexels.com/Nicola Barts)

Kolibri memiliki preferensi terhadap makanan yang manis, dan nektar menjadi makanan utama mereka. Sebagai alternatif, madu dapat diberikan sebagai pilihan yang dapat menjaga stamina dan memberikan kehangatan pada tubuh mereka.

Meskipun memberikan madu dapat membuat kolibri lebih cerewet, penggunaannya yang terlalu sering perlu dihindari karena dapat menyebabkan kerusakan dan rontoknya bulu. Madu memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan madu sesekali saja atau mencampurnya dengan pilihan makanan lain yang lebih seimbang.

Verified Writer

Tri Utomo

Perasaan orang pada dasarnya dangkal, mereka berubah seiring situasi - Itaewon Class

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya