TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memulai Karier untuk Fresh Graduate, Sabar dan Tekun!

Memulai karier dari awal memang bukanlah hal yang mudah

ilustrasi bekerja (pexels.com/Vlada Karpovich)

Memulai karier sebagai seorang fresh graduate memang menjadi langkah besar yang penuh dengan tantangan dan juga peluang. Setelah bertahun-tahun menempuh dunia pendidikan, tentu sudah waktunya untuk terjun secara langsung ke dunia kerja yang sudah pasti akan sangat berbeda, sehingga membutuhkan pengetahuan dan juga keterampilan.

Sering kali memasuki pasar kerja memang kamu akan menemukan tantangannya tersendiri, apalagi dengan berbagai persaingan yang semakin kompetitif dan terasa menakutkan. Jika kamu termasuk salah satu fresh graduate, maka ada beberapa tips berikut ini yang mungkin perlu kamu lakukan untuk memulai karier agar lebih percaya diri.

Baca Juga: 7 Tips Mengejar Karier Cemerlang Tanpa Korbankan Keseimbangan

1. Persiapkan CV dan portofolio yang lengkap

ilustrasi cv (unsplash.com/Marielle Ursua)

Seorang fresh graduate tentunya harus memulai karier dengan memiliki CV dan juga portofolio yang tampak menarik, serta profesional. Bagaimana pun juga CV merupakan cerminan dari pengalaman pendidikan, keterampilan, hingga pencapaian yang dirasa relevan dengan pekerjaan yang nantinya akan kamu lamar.

Mungkin sebagian besar fresh graduate belum memiliki banyak pengalaman kerja, namun tetap harus menonjolkan proyek akademik, kegiatan ekstrakulikuler, hingga magang yang mungkin pernah dilakukan sebelumnya. Portofolio juga menjadi bagian yang tidak kalah penting, khususnya bagi kamu yang mungkin akan bekerja di bidang kreatif atau bisnis agar nantinya bisa semakin dipercaya.

2. Bangun jaringan sosial sejak awal

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Sebetulnya sangat penting sekali untuk bisa membangun kemampuan jaringan profesional atau networking sebagai salah satu kunci sukses dalam memulai karier. Kamu bisa mulai menghubungi alumni dari universitas masing-masing menghadiri, acara acara karier, seminar, hingga workshop yang berkaitan dengan bidang pendidikanmu, serta dapat pula memanfaatkan platform online untuk terhubung dengan orang-orang profesional.

Setidaknya membangun jaringan ini sangat penting untuk membantumu dalam mendapatkan informasi seputar peluang kerja, serta wawasan yang mendalam tentang industri atau pun perkembangan terkini. Jangan ragu untuk meminta nasehat atau pun mentor dari orang-orang yang sudah berpengalaman agar nantinya dapat membantu kariermu lebih cemerlang.

3. Memanfaatkan program magang atau intern

ilustrasi bekerja tim (unsplash.com/Redd F)

Sebetulnya para mahasiswa yang mungkin belum lulus memiliki kesempatan untuk memperdalam pengalaman kerja melalui program magang atau internship. Jika kamu termasuk salah satu fresh graduate yang memiliki pengalaman magang, maka ini menjadi cara yang cukup efektif untuk memulai karier dengan lebih baik.

Program-program magang biasanya memang dirancang untuk memberikan pelatihan secara langsung, serta menjadi pintu masuk ke berbagai pekerjaan selanjutnya. Selain mendapatkan pengalaman secara praktis, namun magang juga dapat memberikanmu kesempatan untuk membangun koneksi industri dan belajar memahami bagaimana budaya kerja yang ada pada perusahaan tertentu.

Baca Juga: Karier Cemerlang! 5 Cara Tingkatkan Kreativitas dalam Pekerjaan

4. Tetapkan tujuan karier yang jelas

ilustrasi bekerja (unsplash.com/Lala Azizli)

Sebagai seorang fresh graduate sebetulnya sangat penting sekali untuk bisa menetapkan tujuan karier yang jelas agar membantumu untuk fokus pada apa yang akan dilakukan. Kamu harus membuat keputusan yang lebih baik dalam perjalanan profesional, termasuk mengetahui apa yang memang menjadi minatmu dalam bekerja.

Kamu bisa menetapkan tujuan jangka pendek dan juga tujuan jangka panjang, serta mulai merencanakan langkah langkah untuk bisa mencapainya. Hal ini penting agar perjalanan kariermu dapat tersusun dengan baik, sehingga nantinya dapat mencapai semua target tersebut sesuai dengan keinginan.

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya