TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Anti Stres Menggunakan Transportasi Umum untuk Pergi Kerja

Naik transportasi umum sering kali penuh dengan tantangan

ilustrasi pergi bekerja (unsplash.com/bruce mars)

Menggunakan transportasi umum memang menjadi salah satu pilihan yang sering dilakukan oleh banyak orang, khususnya pada saat pergi kerja. Hal ini karena memang ada banyak sekali pilihan transportasi umum yang tersedia khususnya bagi kamu yang mungkin tinggal di kawasan ibukota.

Sayangnya penggunaan transportasi umum pada saat pergi kerja justru membuat banyak orang kerap mengalami stres, termasuk salah satunya adalah karena kepadatan penumpang dan juga kemacetan. Jika kamu akan menggunakan transportasi umum untuk pergi kerja, maka lakukanlah beberapa tips berikut ini untuk mencegah potensi stresnya.

Baca Juga: 5 Tips Naik Transportasi Umum yang Aman saat New Normal

1. Mencari rute yang terbaik

ilustrasi transportasi umum (unsplash.com/Alex Eckermann)

Sebelum memutuskan untuk menggunakan transportasi umum, maka kamu perlu benar-benar memahami rutenya terlebih dahulu. Banyak orang yang sering kali menggunakan beberapa jenis transportasi umum pada saat pergi bekerja, sebab dianggap lebih dekat atau pun lebih murah.

Kamu perlu mengecek rute yang ada agar nantinya bisa menentukan pilihan transportasi seperti apa yang memang kamu butuhkan. Jangan sampai justru memilih rute yang keliru karena bisa membuatmu terjebak dalam kemacetan atau pun terjebak pada kepadatan penumpang.

2. Pergi lebih awal dari semestinya

ilustrasi transportasi umum (unsplash.com/Adelin Preda)

Tidak dapat dimungkiri bahwa waktu-waktu berangkat kerja dan juga pulang kerja biasanya akan dipadati oleh banyak sekali penumpang. Hal ini mungkin akan membuat banyak orang menjadi mudah mengalami stres akibat harus berdesak-desakan dengan banyak orang di dalamnya nanti.

Untuk membantumu agar tidak sampai harus berdesak-desakan, maka sebaiknya kamu dapat pergi lebih awal dari semestinya. Ternyata opsi yang satu ini cukup efektif untuk membantumu agar lebih nyaman pada saat berangkat kerja nanti.

3. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

ilustrasi pergi bekerja (pexels.com/Ono Kosuki)

Menggunakan transportasi umum pada saat pergi kerja memang sering kali sulit untuk diprediksi, termasuk mengenai kepadatan penumpangnya. Hal ini mungkin bukan hanya akan menyebabkan rasa stres, namun juga bisa membuat penampilan menjadi acak-acakan.

Solusi yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal yang satu ini adalah dengan mengenakan pakaian dan juga alas kaki yang nyaman. Kamu bisa membawa baju ganti yang nantinya bisa kamu kenakan pada saat sudah sampai di tempat kerja, sehingga tetap tampil rapih pada saat bekerja.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Naik Transportasi Umum di Luar Negeri, Lebih Murah!

4. Tak perlu membawa banyak barang

ilustrasi tas kerja (unsplash.com/Marten Bjork)

Jika kamu memiliki fasilitas loker di tempat kerja, maka jangan menyia-nyiakan hal tersebut. Sebaiknya kamu dapat menyimpan berbagai macam barang-barang yang dianggap berat agar nantinya tidak perlu kamu bawa lagi ke rumah, sebab akan menyulitkanmu pada saat akan membawanya ke kantor lagi.

Sering kali banyak orang yang mungkin merasa kesulitan apabila harus membawa banyak barang ketika menaiki transportasi umum. Apalagi jika kondisi transportasi umum pun sedang benar-benar padat, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya