TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Melakukan KDRT, Bisa Dikenali!

Biasanya kamu sudah bisa mengenalinya sejak masih pacaran

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Kamu tentunya selalu berharap agar bisa mendapatkan pasangan yang baik dan dapat memperlakukanmu dengan semaksimal mungkin. Tentunya tidak ada orang yang ingin mendapatkan pasangan yang kasar atau bahkan tidak ragu melakukan tindak KDRT.

Sebetulnya potensi melakukan tindak KDRT ini bisa dikenali dari pasangan bahkan sejak masih berpacaran. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali beberapa tanda berikut ini yang mungkin saja mengindikasikan bahwa pasanganmu bisa berpotensi melakukan KDRT.

1. Cemburu hingga posesif

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Rasa cemburu yang mungkin dialami dalam sebuah hubungan merupakan hal yang sangat wajar. Namun, sering kali rasa cemburu yang dimiliki oleh setiap orang bisa berbeda-beda, sebab ada yang masih dalam batas normal dan ada pula yang cenderung sangat posesif.

Jika kamu memiliki pasangan yang sangat posesif terhadapmu, maka hal ini menjadi red flag tersendiri yang perlu diantisipasi. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu dapat mengontrol diri agar tidak sampai merasa cemburu secara berlebihan.

2. Memiliki ekspektasi yang tak realistis

ilustrasi sedih (pexels.com/rebcenter moscow)

Memiliki ekspektasi dalam sebuah hubungan sebetulnya merupakan hal yang sangat wajar. Namun, ekspektasi tersebut sebaiknya dapat diikuti dengan realita yang ada, sehingga jangan sampai justru berakhir dengan kekecewaan.

Ada banyak pasangan yang seringkali tidak ragu untuk memiliki ekspektasi tinggi, bahkan cenderung tidak realistis sama sekali. Biasanya orang yang memiliki ekspektasi terlalu tinggi justru berpotensi mengalami rasa kecewa atau pun tindak KDRT, apalagi jika ternyata hal tersebut tidak tercapai atau sesuai dengan keinginannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Terjadinya KDRT Terhadap Perempuan, Hati-Hati!

3. Mengisolirmu dari dunia luar

ilustrasi pasangan (pexels.com/Thomas Ward)

Pasangan semestinya dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagimu. Namun, mungkin tidak semua pasangan ternyata dapat melakukan hal yang sama, sebab tidak sedikit pula yang taragu untuk melakukan hal-hal yang cenderung keliru.

Salah satu contohnya adalah dengan mengisolirmu dari dunia luar, sehingga membuatmu jadi terkekang dan tidak memiliki ruang gerak sama sekali. Pasangan yang mengaturmu secara berlebih justru berpotensi melakukan tindakan KDRT, sebab merasa bahwa kamu berada di bawah kontrolnya dan hal ini membuatnya bebas untuk melakukan beragam hal padamu.

4. Selalu menyalahkanmu

ilustrasi pasangan (pexels.com/RDNE Stock project)

Tidak semua hal dalam hubungan dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Namun, sering kali segala masalah yang ada tentu dapat benar-benar diatasi dengan baik bersama-sama agar nantinya bisa menemukan solusi yang terbaik dari hal tersebut.

Sayangnya tentu akan sangat mengecewakan jika kamu memiliki pasangan yang rentan sekali menyalahkanmu atas segala masalah yang terjadi. Biasanya pasangan yang seperti ini merupakan pasangan temperamen, sehingga rentan melakukan tindak KDRT jika sedang dalam kondisi yang marah.

Verified Writer

Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya