TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Faktor yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Quarter Life Crisis 

Bahaya jika terus dibiarkan

ilustrasi perempuan sedang bersedih (pexels.com/Engin Akyurt)

Quarter life crisis merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kekhawatiran serta merasa ragu terhadap kemampuan dirinya. Akhirnya, seseorang tersebut merasa kebingungan dalam menentukan tujuan serta arah kehidupannya. Quarter life crisis ini seringkali menghampiri seseorang dengan rentang umur 18 hingga 30 tahun.

Semangat dalam menjalani kehidupan merupakan energi yang harus tetap dijaga, karena hal ini berguna untuk menjadikan kehidupan kamu tetap stabil. Namun, kamu pun harus bisa menjaga semangat kamu dari hal-hal yang dapat menyebabkan kamu mengalami quarter life crisis. Inilah lima hal yang menyebabkan seseorang mengalami quarter life crisis.

1. Overthinking

ilustrasi perempuan sedang berpikir (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Overthinking atau pikiran berlebih merupakan hal yang paling sering membuat seseorang merasa kehilangan semangat dalam menjalani kehidupannya. Overthinking selalu membayangi serta menghantui seseorang dalam menjalani kesehariannya. Jika hal ini terus dibiarkan maka secara tidak langsung overthinking akan merusak pikiran kamu.

Selain itu, overthinking  juga akan mempengaruhi kehidupan kamu serta pola pikir kamu. Sehingga jika hal ini terus terjadi maka kehidupan kamu pun akan merasa terganggu. Untuk itu, coba kendalikan emosional diri kamu, agar pikiran berlebih atau overthinking tidak merusak kehidupan kamu.

2. Stres berlebih

ilustrasi perempuan sedang bekerja di depan laptop (pexels.com/Anna Shvets)

Banyak hal yang dapat memicu stres berlebih, salah satunya ialah karena beban pekerjaan yang terlalu banyak kamu pikul. Selain itu, stres berlebih juga muncul dari beban pikiran yang terlalu banyak. Jika hal ini terus kamu biarkan maka bukan tidak mungkin kehidupan kamu akan kacau dan tak terarah.

Akhirnya, hal ini menyebabkan pikiran kamu berkecamuk dan tidak karuan. Sehingga memicu terjadinya stres berlebih pada diri kamu. Sebaiknya kamu hindari hal-hal dan juga pikiran berlebih yang dapat memicu stres pada diri kamu.

Baca Juga: 5 Tips Menenangkan Diri ketika Hadapi Kesulitan Hidup, Anti Stres! 

3. Bertengkar dengan pasangan

ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Bertengkar dengan pasangan memang hal yang wajar dan sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kurangnya komunikasi, dan juga kesalahpahaman antar pasangan. Sehingga jika hal ini dibiarkan tanpa adanya solusi, maka akan menciptakan pertengkaran dengan pasangan.

Ketika sedang bertengkar dengan pasangan, alangkah baiknya komunikasikan masalah yang menjadi penyebab pertengkaran tersebut. Sehingga masalah pertengkaran kamu dan pasangan tidak berlarut-larut dan menyebabkan masalah semakin membesar. Jadi, mulai perbaiki komunikasi kamu dengan pasangan, ya.

4. Merasa kecewa dengan seseorang

ilustrasi perempuan sedang menangis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berharap pada manusia adalah hal yang salah, karena manusia adalah tempatnya kecewa. Ketika kamu menaruh harapan yang berlebihan terhadap manusia maka bersiaplah untuk berakhir dengan kecewa. Ketika kamu menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap seseorang, maka kamu pun harus sudah siap menerima konsekuensinya.

Jangan terlalu berharap lebih atau bahkan menggantungkan harapan kamu pada seseorang, ya. Karena jika harapan kamu tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, maka kamu akan merasa kecewa. Jadi, mulai sekarang belajar untuk tidak terlalu berlebihan menggantungkan harapan kamu terhadap manusia, ya.

Verified Writer

Anisa Tiarasari

Enjoy and be a positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya