TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips biar Paylater Gak Bikin Mumet, Jangan Dijadikan Prioritas

Jika membeli sesuatu usahakan tidak mengutang

ilustrasi belanja online (pexels.com/PhotoMIX Company)

Paylater adalah salah satu sistem keuangan yang sedang naik daun belakangan ini. Dengan kemudahan yang ditawarkan, banyak orang tergoda untuk menggunakannya tanpa berpikir panjang.

Namun, jika tidak bijak, paylater bisa menjadi beban keuangan yang berat. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu memahami cara menggunakan paylater dengan benar. Berikut adalah lima tips biar paylater gak bikin mumet dan tak menjadi beban finansialmu.

1. Sebelum menggunakan, cek terlebih dahulu besar bunga serta biaya tambahan

ilustrasi belanja (unsplash.com/Joshua Rawson-Harris)

Sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater, pastikan kamu sudah memahami besar bunga dan biaya tambahan yang dikenakan. Setiap layanan paylater memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait bunga dan biaya. Bunga yang tinggi dan biaya tambahan bisa membuat kamu membayar jauh lebih mahal dari harga asli barang atau jasa yang kamu beli.

Pastikan kamu membaca dan memahami syarat dan ketentuan dengan teliti agar tidak ada kejutan tidak menyenangkan di kemudian hari. Ini akan membantumu untuk membuat keputusan yang lebih bijak dan menghindari utang yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Endowment Effect dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Jangan gunakan paylater untuk penuhi keinginan, pakai jika mendesak saja

ilustrasi belanja (unsplash.com/Hamed Taha)

Paylater bisa sangat menggoda untuk digunakan saat kamu ingin membeli sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan mendesak. Namun, menggunakan paylater untuk memuaskan keinginan bisa menjadi langkah yang kurang bijak.

Gunakanlah paylater hanya untuk kebutuhan mendesak yang memang tidak bisa ditunda. Misalnya, untuk keperluan medis yang tiba-tiba atau kebutuhan mendesak lainnya yang tidak bisa dihindari. Dengan begitu, kamu tidak akan terbebani dengan utang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting.

3. Tentukan limit penggunaan dan pakai jangan lebih dari itu

ilustrasi membuat anggaran (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Menentukan limit penggunaan paylater sangat penting untuk menjaga kesehatan keuanganmu. Sebelum mulai menggunakan, tentukan berapa maksimal jumlah yang bisa kamu gunakan dengan paylater.

Pastikan untuk disiplin dan tidak menggunakan paylater melebihi limit yang sudah kamu tentukan. Hal ini akan membantumu untuk mengontrol pengeluaran dan mencegah utang yang berlebihan. Ingat, menggunakan paylater lebih dari kemampuanmu hanya akan membuatmu kesulitan saat harus membayar kembali.

4. Selalu bayar tepat waktu

ilustrasi mengeluarkan uang dari dompet (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Membayar tagihan paylater tepat waktu adalah hal yang sangat penting. Keterlambatan pembayaran bisa mengakibatkan denda dan bunga yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan memperbesar utangmu.

Buatlah pengingat di kalender atau ponselmu agar kamu tidak lupa untuk membayar tagihan paylater. Jika memungkinkan, bayarlah tagihan lebih awal sebelum jatuh tempo untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan membayar tepat waktu, kamu juga bisa menjaga reputasi kreditmu tetap baik.

Verified Writer

S U S A N T I .

Ibu rumah tangga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya