TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Tips Menjadi Roommate yang Menyenangkan, Bikin Punya Sahabat Baru 

Jangan jadi roommate yang menyebalkan, ya

Ilustrasi orang sedang santai (batrany.com)

Terbiasa hidup dengan keluarga yang sudah dekat sejak kecil, dan harus hidup merantau, tinggal bersama orang asing tentunya tidak nyaman dan membutuhkan adaptasi dalam beberapa minggu bahkan bulan. Akan banyak hal-hal yang baru bagi kita, dan mau tidak mau harus dilewati dan diselesaikan sendiri.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dan supaya selama tinggal bersama menjadi hal yang menyenangkan, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah tips untuk para perantau yang diharuskan tinggal dengan orang lain, cek yuk supaya kamu tidak jadi roommate yang menyebalkan!

Baca Juga: 5 Etika jika Tinggal Bareng Roommate, Biar Sama-sama Nyaman!

1. Membuat peraturan yang disetujui oleh dua belah pihak 

Ilustrasi perempuan sedang menulis (pexels.com/tirachard-kumtanom-112571)

Saat pertama kali bertemu setelah berkenalan, sebaiknya kalian duduk bersama dan mulai membicarakan aturan-aturan yang harus dibuat dan ditaati. Peraturan yang sebenarnya sepele tapi harus dibicarakan, mulai dari jadwal piket membersihkan rumah atau kamar, siapa yang harus membayar air dan listrik, hingga batasan saat ada teman atau kerabat yang datang berkunjung.

Semua orang yang tinggal di sana harus mematuhi peraturan yang telah dibuat demi keberlangsungan hidup bersama lebih nyaman. Bila tidak ditaati, bisa-bisa kehidupan kalian jadi berantakan, nih.

Baca Juga: 11 Kafe Unik nan Estetik dalam KDrama My Roommate Is A Gumiho 

2. Jangan meminjam barang tanpa seizin si empunya 

Ilustrasi orang sedang duduk (unsplash.com/@brucemars)

Saat kamu membutuhkan sesuatu yang tidak kamu miliki sedangkan roommatemu memilikinya, sebisa mungkin harus menanyakan padanya terlebih dahulu apakah boleh dipinjam atau tidak. Walaupun roommate sedang tidak ada dirumah, bukan berarti kamu bisa dengan leluasa memakai dan meminjam barang-barangnya, ya.

Lebih baik menunggunya pulang supaya ia tahu barang apa yang akan kamu pinjam. Ketika selesai meminjam, usahakan barang tersebut kembali dengan wujud yang sama persis saat kamu meminjamnya. Jangan sampai, barang itu rusak ditanganmu, itu sangat tidak sopan.

3. Pikirkan roommatemu saat kamu mengundang teman 

Ilustrasi perempuan sedang rebahan (unsplash.com/@kalljet)

Setiap kali ada temanmu datang berkunjung, usahakan keberadaanya tidak mengganggu bagi roommate-mu. Bertemu dengan orang baru lagi akan membuatnya tidak nyaman. Beri tahu juga pada teman atau kerabatmu untuk menjaga sikap dan tutur katanya. Tidak semua orang bisa menerima sikap terbuka dari orang yang belum dikenalnya.

Pilihan terbaiknya adalah tidak mengajak atau sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering mengajak temanmu untuk datang dan menginap. Lebih baik kalian bertemu di luar saja demi kenyamanan keduanya.

4. Bersihkan ruangan yang sudah kamu kotori 

Ilustrasi orang menyapu (pexels.com/@cottonbro)

Bila kamu secara tidak sengaja mengotori area di dalam rumah atau kamar, sesegera mungkin bersihkan sendiri. Jangan mengharapkan bantuan dari roommate, karena kalian berdua memiliki kesibukan masing-masing dan sudah cukup dewasa untuk mengetahui kewajiban diri sendiri, ya.

5. Hormati ruangan orang lain 

Ilustrasi orang sedang berinteraksi (daytripperuniversity.com)

Jikalau kalian tinggal dalam satu kamar yang sama seperti di asrama atau pesantren, berusahalah untuk tidak menghabiskan ruang untuk menaruh barang-barangmu. Manfaatkan ruang yang sudah disediakan untukmu sebaik mungkin. Bisa dengan mulai menggunakan storage tambahan di bawah tempat tidur contohnya.

6. Jangan menyentuh makanan orang lain 

Ilustrasi orang mengambil pizza (unsplash.com/@jordannix)

Bila roommate sedang makan sesuatu yang tidak pernah kamu coba atau sesuatu yang ingin kamu cicipi, hindari untuk memintanya. Barangkali memang dia akan memberikannya padamu tapi bisa saja kalau makanan itu adalah satu-satunya yang dia makan seharian karena uangnya habis. Jadi, sebelum roommate menawarimu, sebisa mungkin untuk tidak memintanya, ya.

7. Hormati temanmu bila membutuhkan waktu sendiri 

Ilustrasi perempuan sedang bersedih (pexels.com/@polina-zimmerman)

Suasana hati seseorang bisa berubah-ubah bahkan dalam hitungan menit. Bila temanmu membutuhkan waktu sendiri karena sedang sedih, jangan pernah mengganggunya. Atau ketika ujian sekolah berlangsung dan kalian membutuhkan waktu untuk belajar, coba belajar dengan tenang dan tidak mengganggu siapapun. Konsentrasi seseorang berbeda-beda, hal ini perlu diingat, ya.

8. Hindari membicarakan roommate kepada orang lain 

Ilustrasi orang sedang bercerita (pexels.com/@gabby-k)

Walaupun roommate-mu adalah orang yang sangat menyebalkan dan kamu tidak bisa mentolerir segala perbuatannya, membicarakan keluhanmu dengan temanmu yang lain tidaklah baik. Malah yang ada kamu akan mem perkeruh suasana, dan akan muncul hal lain yang membuatmu lebih tidak nyaman hidup bersama dengannya.

Baca Juga: 9 Potret Akrab Kang Han Na dengan Pemain Drama My Roommate is a Gumiho

Verified Writer

sunny haze

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya