TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Kamu Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Lebih hargai diri sendiri mulai sekarang

Ilustrasi sedang memperhatikan orang lain (unsplash.com/Jasongoodman_youxventures)

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal yang kerap dibandingkan mulai dari, fisik, prestasi, kesuksesan, hingga kehidupan yang dijalani.

Terus membandingkan diri dengan orang lain tentu bukan hal baik, ini akan membuat kamu semakin tidak percaya pada diri sendiri. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kamu sering membandingkan diri, yuk simak deretannya! 

1. Citra di sosial media

Ilustrasi sosial media (unsplash.com/Jakobowens1)

Tidak dapat dipungkiri sosial media menjadi media banyak orang untuk menunjukkan berbagai hal menyenangkan, hingga prestasi yang diraih. Hal ini membuat sosial media menjadi penyebab seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain. 

Terkadang perasaan iri akan muncul ketika melihat berbagai pencapaian orang lain di sosial media. Bukan hanya membuat rasa percaya diri semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan kamu akan sering menilai hidup seseorang hanya dari post-nya saja. 

Baca Juga: 5 Bahaya jika Terus Membandingkan Diri dengan Orang Lain

2. Mencari perbandingan

Ilustrasi sedang memperhatikan (Unsplash.com/Punttim)

Kurang percaya diri juga kerap menjadi penyebab sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu sering merasa kurang puas pada pencapaian selama ini, hingga berusaha mencari perbandingan. Terkadang kamu juga ingin membandingkan jika sesuatu yang dilakukan sudah lebih baik daripada yang orang lain lakukan. Tidak jarang juga hal ini akan menyebabkan kamu merasa semakin kurang percaya diri. 

3. Mendapat pengakuan

Ilustrasi sedang bekerja (unsplash.com/Judmackrill)

Setiap orang tentu ingin jika kerja kerasnya diakui. Pengakuan dari orang lain, membuat kita mengetahui seberapa jauh proses yang sudah dilalui. Meski demikian, terlalu mengharapkan pengakuan juga membuat kita kerap membandingkan diri dengan orang lain. 

Ketika mengetahui pencapaian kita lebih unggul, ini akan menciptakan dorongan untuk berusaha pencapaian yang lebih tinggi lagi. Gak jarang hal ini akan membuat diri sendiri merasa ada di dalam sebuah kompetisi. 

4. Merasa tidak aman

Ilustrasi sedang merenung (unsplash.com/Pat__)

Kamu yang fokus membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tidak jarang akan merasakan perasaan terancam. Kamu kerap merasakan takut tertinggal karena melihat orang lain lebih sukses, ini bisa saja membuat kamu akan semakin tertekan dan memunculkan berbagai pikiran negatif. Selain itu, karena merasa tersaingi akhirnya akan mengurangi fokus pada diri sendiri. 

Baca Juga: 3 Tips agar Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain, Jaga Fokus!

Verified Writer

Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya