TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dipahami Semua Orang tentang Introver

Jangan salah kaprah lagi dalam memahami introver ya

ilustrasi perempuan tersenyum (unsplash.com/Marcelo Matarazzo)

Menjalani kehidupan yang tenang di dunia yang sibuk dan bising bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi seorang introver. Masyarakat kerap memuji sosok ekstrover, tetapi Introver juga punya tempatnya tersendiri.

Secara umum, ada dua tipe yang diberi label oleh masyarakat yakni ekstrover dan introver. Karena itu, penting bagi kita untuk benar-benar memahami makna di balik sifat-sifat kepribadian ini. Saling memahami memungkinkan orang-orang untuk bisa berkembang dan memiliki hubungan yang bermakna sepanjang hidupnya.

1. Introver itu tidak selalu merasa malu

ilustrasi perempuan melamun (unsplash.com/Anthony Tran)

Menjadi "pemalu" bisa menjadi ciri kepribadian yang sangat disalahartikan yang diberikan kepada mereka yang sering diam di tengah banyak orang atau yang tidak mudah terbuka. Sebenarnya, mereka yang "pemalu" hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkembang dan bisa terbuka kepada orang lain.

Ini bukan merupakan cacat karakter dan mereka diam bukannya karena merasa takut. Sebenarnya, ada pergolakan tersendiri yang terjadi ketika mereka berada di sekitar orang-orang di luar zona nyaman mereka.

Baca Juga: Bukan Anti Sosial, 5 Alasan Introver Suka Punya Sedikit Teman 

2. Introver menikmati kesendirian

ilustrasi perempuan duduk (unsplash.com/Katerina Kerdi)

Introver butuh waktu untuk dirinya sendiri. Mereka bukannya sedih, depresi, atau membenci kalian. Mereka hanya butuh waktu sendiri karena mereka memang butuh waktu sendiri, sesederhana itu, kok!

Introver membutuhkan waktu sendirian sepanjang minggu atau mungkin setiap hari untuk bisa menyeimbangkan kembali hidup mereka, mengumpulkan energi yang telah hilang agar bisa kembali bergerak maju dalam hidup.

3. Introver selektif tentang siapa yang mereka izinkan berada dalam hidupnya

ilustrasi perempuan serius (unsplash.com/Vinicius "amnx" Amano)

Kebanyakan ekstrover dapat berteman dengan siapa saja ke mana pun mereka pergi dan memiliki banyak pertemanan yang terjalin karenanya. Meskipun hal itu tampak indah dan ideal, itu bukan cara kerja bagi mereka yang introver. Mereka bisa cenderung sedikit pemilih dalam pertemanan.

Berlawanan dengan kepercayaan yang ada, introver senang bersosialisasi dan berteman. Namun untuk urusan lingkaran pertemanan, mereka akan hati-hati juga selektif. Mereka menyediakan tempat hanya untuk orang yang mereka anggap bisa setia.

4. Introver bukan sosok yang egois

ilustrasi perempuan tersenyum (unsplash.com/Marcelo Matarazzo)

Ini adalah salah satu hal yang cukup penting. Orang yang kalian labeli sebagai orang sombong sebenarnya menyukai dan menikmati waktu mereka bersama kalian.

Kadang-kadang bisa menjadi sangat melelahkan atau hampir tidak mungkin bagi introver untuk memasukkan diri mereka ke dalam kelompok atau suatu percakapan yang acak. Bahkan dalam kelompok, lebih mudah dan lebih alami bagi mereka untuk hanya diam dan mengamati.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Introver Perlu Mulai Menulis Jurnal, Jadi 'Teman'

Verified Writer

YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya