TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Hal-hal Kecil Buisa Membuat Kita Bahagia, Bersyukur!

Kebahagiaan mudah diakses dengan mensyukuri hal-hal kecil

ilustrasi wanita mendengarkan musik sambil bekerja (pexels.com/olly)

Intinya Sih...

  • Meningkatkan rasa syukur membuat seseorang lebih bahagia dan puas dengan kehidupan sehari-hari.
  • Hal-hal kecil seperti tersenyum atau berjalan-jalan di bawah sinar matahari pagi memiliki dampak positif besar terhadap kesejahteraan emosional.
  • Interaksi positif dan momen-momen sederhana dapat merangsang pelepasan hormon bahagia dalam otak, mengurangi stres, dan memberikan kepuasan instan.

Kebahagiaan diasosiasikan dengan pencapaian besar atau barang-barang mewah. Namun kenyataannya, banyak dari kita menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil sehari-hari. Momen-momen sederhana yang sering terlewatkan ternyata bisa memberikan dampak signifikan pada kesejahteraan dan kepuasan hidup.

Siapa sangka, bahwa hal-hal kecil dalam hidup memiliki kekuatan besar untuk membawa kebahagiaan. Lantas, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa hal-hal kecil tersebut bisa sangat berpengaruh? Temukan jawabannya dan pelajari lebih lanjut mengenai alasan di balik kebahagiaan dari hal-hal kecil dalam artikel berikut!

1. Bertambahnya rasa syukur

ilustrasi mencatat (pexels.com/vladakarpovich)

Meningkatkan rasa syukur adalah salah satu alasan mengapa hal-hal kecil dalam hidup dapat membuat seseorang bahagia. Ketika seseorang mulai menghargai momen-momen sederhana, seperti menikmati secangkir teh hangat di pagi hari atau mendengar kicauan burung, kamu akan lebih sadar akan keberuntungan yang dimiliki.

Rasa syukur ini membantu untuk fokus pada apa yang sudah ada daripada apa yang masih diinginkan. Sebagai hasilnya, perasaan puas dan bahagia dengan kehidupan sehari-hari meningkat, karena kebahagiaan sejati tidak selalu berasal dari hal-hal besar atau mewah, tetapi bisa ditemukan dalam keindahan sederhana yang sering kali terabaikan.

"Rasakan kebahagiaan dari hal-hal kecil. Suatu hari nanti, kamu mungkin akan menyadari bahwa hal-hal kecil itu ternyata sangat berarti," kata Robert Brault, philosopher, dilansir Positive Psychology.

2. Sederhana dan mudah diakses

ilustrasi wanita menatap fokus ke laptop (pexels.com/lizasummer)

Hal-hal kecil sering kali sederhana dan mudah diakses dalam kehidupan sehari-hari, namun memiliki kekuatan yang besar untuk meningkatkan kualitas hidup dan mood secara langsung. Misalnya, tersenyum hangat kepada seseorang atau sebaliknya bisa membawa perasaan sukacita dan pengakuan sosial yang mendalam. 

Bahkan, hanya berjalan-jalan di bawah sinar matahari pagi dapat memberikan perasaan ketenangan dan kepuasan yang membawa kedamaian dalam pikiran. Hal-hal seperti ini tidak memerlukan usaha besar atau biaya yang tinggi, namun memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kesejahteraan emosional dan kebahagiaan kita sehari-hari.

"Hanya dengan menggerakkan otot wajah untuk tersenyum dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh," kata Dr. Murray Grossan, seorang ahli THT-otolaringologi di Los Angeles, dilansir NBC News.

"Ketika tersenyum, otak memperhatikan aktivitas otot tersebut dan mengasumsikan bahwa situasi yang menghibur sedang terjadi," lanjutnya.

3. Meningkatkan kesejahteraan emosional

ilustrasi wanita berolahraga (pexels.com/jonathanborba)

Hal-hal kecil lainnya seperti menerima ucapan terima kasih atau menikmati waktu santai dengan teman-teman tidak hanya memberikan kesenangan langsung, tetapi juga membuat kita merasa terhubung dan dihargai. Hal ini memiliki kekuatan untuk membuat diri merasa bahagia.

Ketika mengalami momen interaksi positif, hal tersebut dapat merangsang pelepasan hormon-hormon bahagia dalam otak, seperti endorfin dan oksitosin, yang meningkatkan suasana hati dan perasaan kebahagiaan. Kesejahteraan emosional yang diperkuat oleh momen-momen kecil ini juga berdampak jangka panjang karena dapar mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Bentuk Kebahagiaan Keluarga yang Berasal dari Rumah, Sederhana Kok!

4. Memberikan kepuasan instan

ilustrasi wajah berseri-seri (pexels.com/Artem Podrez)

Hal-hal kecil sering memberikan kepuasan instan yang dapat dengan cepat mengangkat suasana hati. Misalnya, mendengarkan lagu favorit atau menikmati makanan ringan yang disukai bisa langsung memperbaiki mood. Keuntungan dari hal-hal kecil terseut adalah kemampuan untuk memberikan kebahagiaan yang cepat dan efektif, tanpa perlu menunggu lama.

Kepuasan ini muncul dengan segera, memungkinkan seseorang merasakan perbaikan suasana hati yang langsung dan nyata. Dengan cara itu, hal-hal kecil berfungsi sebagai sumber kebahagiaan yang mudah diakses dan memberikan dampak positif dalam waktu singkat.

Verified Writer

Shasya Khairana

S

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya